Sambut Masa Tenang Pemilu, Wawako Payakumbuh Pantau Penertiban APK

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat memantau penertiban APK.
Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat memantau penertiban APK. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Untuk memastikan masa tenang Pemilihan Umum ( Pemilu ) 14-16 benar-benar dirasakan oleh warganya, Wakil Wali Kota Payakumbuh , Erwin Yunaz turun langsung ke lapangan bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menurunkan beberapa Alat Peraga Kampanye ( APK ) yang masih terpasang pada beberapa titik di Kota Randang itu.

Proses penertiban APK pada masa tenang itu sendiri dilaksanakan Bawaslu bersama pihak-pihak terkait lainnya, Minggu (14/4) kemarin dan Erwin Yunaz selaku pimpinan daerah ikut bergabung dengan tim tersebut.

baca juga: Jika Konflik Internal Terus Berlanjut, Pengamat: Bisa Saja Demokrat Tak Bisa Ikut Pemilu

"Saya kemarin memang ikut menertibkan APK bersama Bawaslu. Dalam menyambut masa tenang Pemilu , Pemko memang proaktif dalam membantu Bawaslu untuk menurunkan APK dan melakukan patroli. Semoga masa tenang ini dapat berjalan dengan baik," jelas Erwin Yunaz , Senin 15 April 2019.

Selain dihadiri langsung oleh Erwin Yunaz selaku wakil wali kota, Pemko Payakumbuh juga menurunkan beberapa orang personel Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub).

baca juga: Soal KLB, Tokoh Demokrat Sebut Penjelasan Mahfud MD Bertele-tele

"Penurunan APK ini berjalan lancar hingga pada hari pemungutan suara. Kepada masyarakat kami imbau agar semaksimal mungkin menggunakan hak pilihnya nanti," kata Erwin Yunaz .

Ketua Bawaslu Payakumbuh Muhamad Khadafi mengatakan kegiatan penurunan APK ini dilakukan secara serentak pada lima kecamatan di Kota Payakumbuh .

baca juga: Media Asing Soroti Kisruh Demokrat dan Langkah Moeldoko

"Kami juga memberdayakan 600 petugas kami hingga tingkat kelurahan untuk penurunan APK ," ujarnya.

Penurunan APK diawali dengan menyisir kawasan Gelanggang Pacuan Kuda, kemudian bergerak ke sepanjang jalan Soekarno Hatta. Petugas gabungan terpantau menggunakan kendaraan crane milik Dinas PUPR Payakumbuh untuk menurunkan APK . (*)

baca juga: Moeldoko Jadi Ketum Demokrat Versi KLB Deli Serdang, Jadi Masalah Hukum Jika Didaftarkan ke Kemenkumham

Penulis: Taufik Hidayat