Tiga Menteri Tinjau Fasilitas Jemaah Haji di Mekkah dan Madinah

Menag Lukman Hakim
Menag Lukman Hakim (Reyska/MCH 2019)

KLIKPOSITIF -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertolak ke Arab Saudi, Minggu (28/04) kemarin guna tinjau persiapan haji 1440H/2019M. Sebelumnya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani bersama Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek telah lebih dulu bertolak ke Arab Saudi, Sabtu (27/04) yang lalu.

Ketiga menteri tersebut dijadwalkan akan meninjau fasilitas bagi jemaah haji di Mekkah , Jedah, dan Madinah. Salah satunya adalah Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, yang telah memiliki tambahan fasilitas. 

baca juga: Akibat Pandemi, Arab Saudi Pertimbangkan Batalkan Ibadah Haji

"KKHI kita di Madinah ada tambahan fasilitas. Yang semula berkapasitas 75, sekarang menjadi 150 dan sudah siap," kata Menkes, yang dilansir dari kemenag.go.id

Lokasi lain yang akan menjadi tempat yang akan ditilik oleh ketiga menteri tersebut adalah dapur-dapur layanan katering bagi jemaah haji Indonesia, serta pemondokan di Makkah dan Madinah. 

baca juga: Akses Umrah Kembali Dibuka Maret Nanti

Sementara, Kepala Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat menyampaikan terdapat sejumlah inovasi pelayanan yang akan diterima jemaah di Makkah.  "Terkait pemondokan di Makkah, tahun ini kita menerapkan sistem zonasi. Dan nanti akan ada inovasi penyiapan konsumsi zonasi," ujar Arsyad. 

Konsumsi berbasis zonasi ini menurut Arsyad berupa masakan-masakan dengan cita rasa Nusantara. Bahkan Arsyad menuturkan dalam rangka peningkatan kualitas makanan jemaah, Kemenag juga  menyertakan chef atau koki profesional sebagai bagian dari petugas haji. 

baca juga: Sambut Kedatangan Jamaah Haji, Ini Harapan Pemko Payakumbuh

"Mereka akan melakukan pelatihan juga di tiga wilayah, Makkah, Madinah, dan Masyair," ujar Arsyad. (*)

Penulis: Iwan R