Menyelam di Palung Terdalam Dunia, Pria Ini Temukan Sampah Plastik

ilustrasi laut
ilustrasi laut (net)

KLIKPOSITIF -- Baru-baru ini, Victor Vescovo memecahkan rekor dengan menyelam sejauh hampir 11 kilometer ke laut terdalam Bumi, Palung Mariana di Samudera Pasifik. Penemuan pria ini saat menyelam cukup mengejutkan, dirinya malah menemukan banyak plastik di dasar laut ini.

Dalam penyelamannya, pria asal Amerika Serikat ini masuk ke Palung Mariana selama empat jam dengan menumpang kapal selam yang diciptakan untuk menahan tekanan di laut dalam.

baca juga: Disebut Tak Membuahkan Hasil, Korut Tak Mau Lagi Berunding dengan AS

Sayangnya, dirinya malah menemukan banyak kantong plastik dan bungkus permen di dasar laut serta sejumlah makhluk laut. Tidak diketahui apa yang menyebabkan banyak plastik berada di lokasi tersebut.

Penyelaman yang dilakukan Victor Vescovo ini adalah yang ketiga ketika akhirnya manusia masuk ke Palung Mariana. Sebelumnya, Letnan Angkatan Laut AS dan insinyur asal Swiss serta James Cameron masuk ke laut terdalam ini.

baca juga: Jumlah Kasus Terus Bertambah, Pasien Covid-19 Capai 11 Juta Lebih

Pria ini melakukan penyelaman hingga mencapai kedalaman 10.927 meter di bawah permukaan air dan sekaligus memecahkan rekor penyelaman paling dalam dengan selisih 11 meter.

Selain menyelam dengan menggunakan kapal selam, Victor Vescovo juga meluncurkan sebuah robot yang dikerahkan untuk kawasan tersebut. Penyelaman yang dilakukan Victor Vescovo ini juga menemukan empat spesies baru sejenis udah yang bernama amphipod, cacing sendok, dan snailfish merah jambu.

baca juga: Hasil Tes Vaksin Covid-19 WHO Segera Keluar

Sampah yang ditemukan dalam aksi penyelaman Victor Vescovo ini menunjukan bahwa manusia benar-benar berulah dan membuat kerusakan lingkungan yang cukup parah. Aksi penyelaman ini merupakan bagian dari ekspedisi Five Deeps yang merupakan aksi penjelajahan ke titik terdalam di lima samudera yang ada di dunia.

Ekspedisi Five Deeps ini didanai sendiri oleh Victor Vescovo yang merupakan seorang investor akuitas yang berambisi untuk menjelajah kedalaman ekstrem di laut dan mendaki puncak gunung tertinggi di tujuh benua.

baca juga: Virologi Sebut Belum Ada Alasan untuk Panik Hadapi Flu Babi Baru

Usai ekspedisi ini selesai, Victor Vescovo berencana untuk memberikan kapal selamnya ke beberapa lembaga sains untuk proses penelitian. Sampah yang ditemukan oleh Victor Vescovo di Palung Mariana jelas sangat meresahkan dan memberikan efek buruk bagi lingkungan. (*)

sumber: HiTekno

Penulis: Agusmanto