Jelang Putusan, Jalan di Depan Gedung MK Masih Terpantau Sepi

Jelang sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), kondisi Jalan Medan Merdeka Barat, masih terpantau sepi.
Jelang sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), kondisi Jalan Medan Merdeka Barat, masih terpantau sepi. (Suara)

  KLIKPOSITIF - Jelang sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), kondisi Jalan Medan Merdeka Barat, masih terpantau sepi.

Dilansir dari laman Antara, Belum terlihat adanya pergerakan massa dalam jumlah besar di kawasan ini pada, Kamis (27/6/2019) pagi.

baca juga: Ketua Mahkamah Konstitusi Sarankan Universitas Fort de Kock Bukittinggi Buka Fakultas Hukum

Sejumlah aktivitas yang terpantau di sekitar Gedung MK pada pukul 05.30 WIB antara lain petugas kebersihan yang menyapu jalan dan warga yang melakukan olahraga pagi.

Meski demikian, pihak keamanan sudah menyiapkan barikade serta kawat berduri di Jalan Medan Merdeka Barat, sekitar Gedung MK, untuk mengantisipasi adanya aksi massa.

baca juga: MK Tolak 14 Gugatan Sengketa Pileg 2019 Milik 7 Partai Politik di Panel I

Kendaraan bermotor juga sudah tidak bisa melalui depan Gedung MK dan harus memutar balik, karena barikade maupun kawat berduri telah menutup jalan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menyiapkan rencana pengalihan arus kendaraan pada saat sidang putusan. Rencana awal pengalihan arus terutama mengantisipasi adanya aksi massa dan saat putusan sengketa pemilu yakni:

baca juga: KPU Bacakan Jawaban untuk 68 Gugatan Pileg 2019 di MK

Arus dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih. Arus dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan Jalan Abdul Muis yang akan menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.

Kemudian, arus dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin. Lalu arus dari Jalan Hayam Wuruk yang akan menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan Ir. H. Juanda.

baca juga: Ketua Bawaslu Harap Panwaslu Tak Jadi Saksi dari Pihak yang Berpekara di MK, Kenapa?

Arus dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk.

Arus dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke arah TL Harmoni. Lalu arus dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke arah kanan Jalan Perwira.

Terakhir, arus lalu lintas dari Jalan M. Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Penulis: Fitria Marlina