UKM Kopi di Payakumbuh Diminati Investor Asal Korsel

Investor asal Korea Selatan saat berjumpa Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.
Investor asal Korea Selatan saat berjumpa Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM) pengelohan kopi di Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh menarik perhatian investor asal Korea Selatan .

Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Payakumbuh , Dewi Novita menyebut, beberapa waktu lalu UKM kopi di Limbukan itu bahkan sempat didatangi langsung oleh dua orang pengusaha asal Negeri Gingseng tersebut.

baca juga: Lapas Kelas IIB Payakumbuh Serahkan Bantuan Sosial untuk Masyarakat Sekitar Terdampak COVID-19

"Setelah meninjau langsung UKM Kopi di Limbukan tersebut mereka mengaku tertarik untuk berinvestasi di sini," kata Dewi, Jumat (5/7).

Diterangkannya, salah satu tujuan kedatangan investor tersebut adalah untuk melihat langsung ketersediaan bahan baku untuk pengolahan produk kopi .

baca juga: Dukung Program Pemerintah, Lapas Klas IIB Payakumbuh Sukses Gelar Vaksinasi Tahap II

"Bahan baku di Payakumbuh cukup banyak dan membangun industri di sini biayanya lebih murah dibandingkan Pulau Jawa," kata Dewi.

Menanggapi kedatangan calon investor dari luar negeri tersebut, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan pihaknya ingin investasi pengolahan kopi tersebut dibiayai sepenuhnya oleh investor.

baca juga: Terus Melonjak, Kasus Positif COVID-19 di Payakumbuh Bertambah 23 Kasus

"Jadi kita ingin semuanya dibangun oleh mereka tak akan membebani APBD namun kita janji akan mempermudah semua izinnya," jelas Riza Falepi .

Menrutnya, selain ketersediaan kopi , pengusaha asal Korea Selatan tersebut juga tertarik karena banyaknya kelapa di Payakumbuh .

baca juga: Pemko Payakumbuh Siapkan Stand Khusus Vaksinasi Bagi Lansia di Halaman Balai Kota

"Olahan kopi di Korea Selatan yang laku adalah yang pakai creamer, nah bahan baku creamer itu kelapa yang sangat banyak disini," katanya.

Ia mengatakan Korea Selatan sendiri bukanlah negara penghasil bahan baku olahan kopi namun mampu memproduksi olahan kopi yang berkualitas dan enak.

"Bahan kopinya diimpor dari luar namun bisa menghasilkan kopi yang enak, setiap orang yang pulang dari Kosel selalu bawa kopi karena produksinya sangat bagus," pungkasnya kemudian.

Penulis: Taufik Hidayat