Penting Bagi Calon Pengantin, Sosialiasasi Perda Ketahanan Keluarga Harus Ditingkatkan

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat melakukan audiensi terkait Perda Ketahanan Keluarga.
Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat melakukan audiensi terkait Perda Ketahanan Keluarga. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Wakil Wali Kota Payakumbuh , Erwin Yunaz meminta jajarannya untuk lebih mengintensifkan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) No 22 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

Menurutnya, keberadaan Perda tersebut penting bagi calon pengantin. Karena itu, Pemko Payakumbuh harus menggencarkan sosialisasi dan implementasi dari perda tersebut.

baca juga: Kabar Gembira, THL Pemko Payakumbuh Akan Terima BLT Subsidi Gaji

"Sosialisasi dari Perda ini memang harus terus dilakukan karena begitu penting untuk diimplementasikan. Hal ini juga menjadi bekal terutama bagi calon pengantin sehingga mendapatkan pemahaman yang baik dalam berkeluarga," ujar Erwin Yunaz pada saat melaksanakan audiensi dengan perwakilan dari Kemenag, Dinas Kesehatan, DP3AP2KB, dan Yayasan Minang Peduli (YMP) di Ruang Wakil Wali Kota Payakumbuh , Rabu (14/8).

Erwin menyebut, Payakumbuh sudah terlebih dahulu mempunyai Perda ketahanan keluarga dibandingkan daerah lain, untuk itu ia mengimbau setiap komponen masyarakat mempelajari dan mengimplementasikan Perda tersebut.

baca juga: Grup Randai Puti Elok Asal Payakumbuh Jadi yang Terbaik di Festival Randai Sumbar

"Semoga misi kita untuk mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia dan berbudaya dapat terwujud melalui Perda ini," ucapnya.

Sementara itu, Ike dari YMP mengapresiasi keberadaan Perda ketahanan keluarga itu sebagai bentuk kepedulian Pemko Payakumbuh dalam memperhatikan unit terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga.

baca juga: Terungkap, Ini Motif Pelaku Pembunuh Nenek di Payakumbuh

"Kami bersyukur dan menyambut baik adanya Perda ini serta siap membantu pemko dalam implementasinya," ucapnya.

YMP sendiri memberikan berbagai masukan ataupun usulan untuk implementasi Perda tersebut. Di antaranya kegiatan pelatihan dan edukasi parenting, program sekolah keluarga, dan pembentukan tenaga motivator ketahanan keluarga.

baca juga: Dicokok Polisi, Tersangka Pembunuh Nenek di Payakumbuh Ternyata Orang Dekat Korban

"Pada dasarnya kami mendukung agar Perda ini dapat dilaksanakan secara baik di Payakumbuh ," terangnya kemudian. (*)

Penulis: Taufik Hidayat