25 Anggota DPRD Solok Selatan Dilantik

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, Ketua pengadilan koto baru Solok Purnomo Hadiyanto foto bersama Anggota DPRD terpilih
Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, Ketua pengadilan koto baru Solok Purnomo Hadiyanto foto bersama Anggota DPRD terpilih (Ist)

PADANG ARO, KLIKPOSITIF - Sebanyak 25 orang anggota DPRD Solok Selatan terpilih pada Pemilu 2019 mengucapkan Sumpah Jabatan dan dilantik untuk masa Jabatan 2019-2024 di ruang Sidang Paripurna DPRD setempat Rabu, (14/8).

Pengucapan Sumpah Jabatan dan Pelantikan anggota DPRD Solok Selatan ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171/587-2019 tentang Peresmian, Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota DPRD Solok Selatan .

baca juga: KPU Solsel Batasi Jumlah Massa Saat Pengambilan Nomor Urut Paslon

Pengambilan sumpah anggota DPRD Solok Selatan periode 2019-2024 dilakukan oleh ketua Pengadilan Negeri Koto Baru Solok, Purnomo Hadiyanto.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan , Muzni Zakaria mengatakan, kini saatnya bagi dewan terpilih untuk melangkah mewujudkan dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Solok Selatan . Peran DPRD katanya, begitu strategis dalam penyelenggraan otonomi daerah.

baca juga: Syukuran, Petani di Solsel Sembelih Kerbau

"Mari kita sama-sama membangun kabupaten ini. Kami dari pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada anggota DPRD terpilih yang baru saja dilantik dan terima kasih kepada DPRD Solsel 2014-2019 atas pengabdiannya," kata Bupati.

Sekretaris Dewan, Mardiana mengatakan 25 orang anggota DPRD terpilih telah resmi mengemban amanah sebagai wakil rakyat setelah mengikuti prosesi Pengucapan Sumpah dan pelantikan tersebut.

baca juga: Tim Penegak Disiplin Covid-19 Solsel Sosialisasikan Perda AKB Awas : Tidak Pakai Masker bisa dikenakan Denda Atau Pidana.

"Kami berharap tetap bisa bersinergi dengan anggota DPRD yang baru. Terimakasih pada anggota DPRD Solok Selatan periode 2014-2019 yang telah berjuang memajukan daerah selama menjabat," katanya.

Dijelaskannya, pimpinan sementara DPRD Solok Selatan bukan anggota DPRD tertua dan termuda tetapi berdasarkan perolehan kursi partai terbanyak satu dan dua. Penetapannya dilakukan sesuai dengan Undang-undang mengenai Pemerintah Daerah.

baca juga: Lagi, Masyarakat Solsel Terkonfirmasi Positif Covid-19

"Pimpinan Sementara DPRD Solok Selatan dijabat oleh politisi partai Golkar, Zigo Rolanda sebagai ketua dan wakilnya Ali Sabri Abas dari PAN. Amanah itu ditunjuk berdasarkan hasil perolehan kursi dan suara terbanyak Pertama dan Kedua pada Pemilu Legislatif 14 April 2019". Jelasnya.

Penunjukan pimpinan sementara ini imbuhnya, juga berdasarkan surat dari DPD partai Golkar Nomor  84/3/GKSS/8/2019 Tanggal 6 Agustus 2019 tentang Usulan Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan Sementara atas nama Zigo Rolanda.

"Selain itu juga surat dari Partai Amanat Nasional Nomor : PAN/A/O4/KS/46/Vm/2019 Tanggal 5 Agustus 2019 Perihal Pengajuan Calon Wakil Ketua Sementara yang merekomendasikan nama Ali Sabri Abas." Pungkasnya.(Adv)

[Kaka]

Penulis: Webtorial