Wali Kota Padang: Orang Papua Cerdas dan Memiliki Nasionalisme Tinggi

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wali Kota Padang , Mahyeldi Ansyarullah menilai masyarakat Papua adalah orang-orang yang cerdas dan memiliki pemikiran dan nasionalisme yang tinggi.

Hal tersebut ia ungkapkan saat ditemui KLIKPOSITIF .com, Kamis 22 Agustus 2019 di Balai Kota Padang . Ia mengatakan bahwa dirinya berhubungan baik dengan beberapa kepala daerah di Papua .

baca juga: Ini Persyaratan Jika Ingin Pindahkan Jenazah COVID-19

"Saya dekat dengan kepala daerah di Papua seperti Wali Kota Jaya Pura dan beberapa daerah lainnya dan mereka orang-orang yang bagus," ujarnya.

Ia sering berdiskusi dengan kepala daerah yang berasal dari Papua dan menerima berbagai macam masukan.

baca juga: Pohon Tumbang Hambat Akses Jalan Raya Padang-Solok, PT Semen Padang Kerahkan Relawan TRC

Selain itu, ia juga pernah bertemu dengan masyarakat Papua yang berasal dari gunung Jaya Wijaya yang bernama Suku Lani.

"Tahun 2016 lalu saya pernah bertemu dengan masyarakat dari Suku Lani, nasionalisme mereka sangat baik. Mereka tahu tentang sejarah perjuangan Indonesia dan bahka mereka mengetahui dasar pemikirin Presiden Soekarno," katanya.

baca juga: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Ajak Karang Taruna Luki Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

Hal lainnya, ia juga sempat bertemu dengan beberapa orang mahasiswa asal Papua di Padang dan sempat berdiskusi tentang pembangunan di Kota Padang .

"Mahasiswa yang ada di sini juga cerdas-cerdas, bahkan nanti mereka akan melakukan pertemua mahasiswa Papua se Sumatera di Kota Padang dan mereka akan membahas kemajuan di tempat belajarnya masing-masing," lanjutnya.

baca juga: Berpartisipasi Aktif Tanggulangi Dampak Covid-19, Semen Padang Terima Penghargaan dari Pemko Padang

Menurutnya, beberapa kemajuan di Kota Padang seperti pariwisata akan menjadi percontohan yang akan dilaksanakan di Papua oleh mahasiswa tersebut.

Mahyeldi sangat menyayangkan kejadian yang berbuntut kericuhan yang terjadi di Manokwari dan beberapa daerah Papua lain.

Agar tidak adanya kejadian seperti di Papua Mahyeldi mengimbau masyarakat agar tidak memecah belah bangsa.

"Baik itu publik figur ataupun masyarakat secara keseluruhan, jangan mengatakan hal-hal yang akan memecah belah bangsa. Indonesia ini adalah negara yang heterogen, jadi siapapun itu, jika dia masyarakat negara ini harus menjaga kesatuan dan persatuan," katanya.

Ia menyarankan agar tidak ada masyarakat yang merendahkan suku, agama dan budaya yang lainnya agar tidak terjadi perpecahan.

Ia yakin bahwa masyarakat Kota Padang tidak akan merendahkan siapa pun, termasuk Papua .

[Halbert Caniago]

Penulis: Rezka Delpiera