Jamaah Haji Limapuluh Kota Sampai di Kampung Halaman

Wabup Ferizal Ridwan disambut Bupati Irfendi Arbi sepulang dari menunaikan ibadah haji.
Wabup Ferizal Ridwan disambut Bupati Irfendi Arbi sepulang dari menunaikan ibadah haji. (istimewa)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF -- Sebanyak 361 orang Jamaah Haji asal Kabupaten Limapuluh Kota tiba di tanah air pada Senin, 26 Agustus 2019 dini hari sekitar pukul 01.55 WIB. Rombongan menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 3408 dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang.

Jamaah haji asal Kabupaten Limapuluh Kota itu langsung diberangkatkan menuju Asrama Haji Padang, untuk dilakukan penyambutan dan serahterima jamaah haji oleh Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat di gedung Asrama Haji Padang.

baca juga: Tidak Terawat, UMSB Rencana Bangun Replika Markas Syafruddin Prawiranegara di Koto Tinggi Limapuluh Kota

Kemudian, sekitar pukul 10.00 WIB rombongan jamaah akhirnya sampai di pelataran Kantor Bupati Limapuluh Kota , Sarilamak dan disambut langsung oleh Bupati Limapuluh Kota beserta jajaran serta ribuan keluarga para jamaah.

Wakil Bupati Limapuluh Kota , Ferizal Ridwan selaku Ketua TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) Kabupaten Limapuluh Kota menyampaikan rasa syukur karena jamaah haji asal Kabupaten Limapuluh Kota dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah di tanah suci.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

Rasa syukur tersebut juga tak hentinya diucapkannya karena telah mampu melaksana tugas pelayanan sebagai TPHD Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2019 untuk membantu, membina, melayani dan melindungi para jamaah.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur, seluruh petugas kompak dalam membimbing dan melayani jamaah. Selain itu, kami juga sangat mensyukuri para jamah dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah di tanah suci, baik itu ibadah wajib, ibadah sunnah maupun Badal Haji," ujarnya sesaat setelah sampai di Kabupaten Limapuluh Kota .

baca juga: New Normal, Bagaimana Kondisi Perbatasan Sumbar-Riau di Limapuluh Kota?

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Ferizal Ridwan juga menyampaikan kabar duka, bahwa salah seorang jamaah atas nama Saharudin Abas (87) tengah dirawat dan belum dapat pulang ke tanah air. Sehingga kondisi yang tidak memungkinkan, maka yang bersangkutan harus dirawat terlebih dahulu sebelum nanti dipulangkan ke Tanah Air.

"Sehari sebelum jadwal pemulangan, memang salah satu dari jamaah kita ada yang sakit. Saat ini beliau tengah dirawat, sehingga ditunda jadwal pemulangannya ke tanah air," katanya.

baca juga: Bupati Lima Puluh Kota Canangkan Era Kenormalan Baru di Lima Puluh Kota.

Sementara itu, selain kegiatan rangkaian haji, Ferizal Ridwan mengaku bersyukur dapat diberi kemudahan kelancaran oleh Allah selama di tanah suci. Malah, disamping bisa membadalkan haji dan umroh untuk pahlawan Nasional Tan Malaka, dia juga sempat diundang dan wawancara khusus untuk berdiskusi dengan Organisasi wakaf yang ada di Makkah.

"Selain ibadah, kami juga konsentrasi dalam menyuarakan dan menelusuri eksistensi Muhamad Amin, Haji Piobang, pada perang di Jazirah Arab pada tahun 1798. Beliau merupakan ahli perang berpangkat Kolonel, yang mana dalam pasukan tersebut juga ada Haji Sumaniak, Haji Miskin dan Haji Lion," kata Wakil Bupati Limapuluh Kota .

Secara terpisah, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota , Ramza Husmen mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah haji Kloter 10 yang telah selamat kembali sampai di kampung halaman. Menurutnya, berkat bimbingan Bupati dan Wakil Bupati jamaah kloter 10 telah sampai di kampung halaman.

"Sebagai inovasi dari PPIH embarkasi (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji), Air Zamzam kita serahkan 1 kemasan per jamaah dan Alhamdulillah pekerjaan kita telah terlaksana sesuai SOP yang menjadi amanah bagi kita semua," katanya.

[Ade Suhendra]

Penulis: Agusmanto