Pemko Payakumbuh Sediakan Tujuh Bus Pariwisata untuk Angkut Jamaah Haji Dari BIM

Riza Falepi saat melepas calon jamaah haji (CJH) Kota Payakumbuh, beberapa waktu lalu.
Riza Falepi saat melepas calon jamaah haji (CJH) Kota Payakumbuh, beberapa waktu lalu. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menyiapkan sebanyak tujuh bus pariwisata untuk memulangkan jamaah haji asal Kota Randang itu dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Sabtu (31/8) malam nanti.

Jemaah haji asal Kota Payakumbuh direncanakan mendarat di BIM, Sabtu (31/8) sekitar pukul 14.00 WIB.

baca juga: Seorang Perempuan Muda Melakukan Percobaan Bunuh Diri di Jembatan Ratapan Ibu Payakumbuh

"Setelah Magrib jemaah direncanakan berangkat dari Padang, Insya Allah sampai di Payakumbuh sekitar pukul 22.30 WIB," ujar Kabag Kesra Setdako Payakumbuh Ul Fakhri, Selasa (27/8).

"Pemko memfasilitasi jemaah dengan 7 unit bus pariwisata yang insya Allah nyaman, diiringi vorijder kepolisian, ambulan dari Dinas Kesehatan dan Patwal Dinas Perhubungan," lanjutnya.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

Titik kedatangan jemaah direncanakan di Lapangan Kubu Gadang, Payakumbuh . Lokasi tersebut dipilih karena dianggap representatif dan cukup luas.

"Kepada para keluarga yang mau menjemput dipersilahkan. Alhamdulillah, sejauh ini, semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Qadarulah, tak ada yang wafat di tanah suci," tuturnya.

baca juga: Geram, Sekda Payakumbuh Ancam Tarik Kendaraan Dinas ASN yang tak Terawat

Sebelumnya, 244 jemaah haji Payakumbuh berangkat ke tanah suci sejak 19 Juli tergabung dalam kloter 15 gelombang kedua Embarkasi Padang. Sebanyak 244 jemaah terdiri dari 95 laki-laki dan 149 perempuan.

Warga Padang Tiakar Hilir, Yunimar Lutan tercatat sebagai jemaah tertua dengan umur 87 tahun sedangkan warga Sawah Padang, Avrian Peby sebagai jemaah termuda dengan umur 31 tahun. Bertindak sebagai petugas kloter TPHI Mustafa bersama Ustaz Safrijon Azwar didampingi dokter Silvia Handayani, paramedis Khairi Sudarman, dan Riri Julianti. Sementara TPHD Ustaz Chandra. (*)

baca juga: Kota Payakumbuh Mulai Laksanakan Swab Massal untuk Warganya

Penulis: Taufik Hidayat