BPBD Sumbar Canangkan Satu Posko Pendistribusian Logistik saat Bencana

Ilustrasi/KLIKPOSITIF
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Penyaluran logistik ke lokasi bencana merupakan hal utama jika terjadi kebencanaan di suatu daerah. Pendistiribusian harus tepat sasaran sehingga korban bencana merasa dampaknya.

Selama ini terdapat banyak posko dalam pendistribusian logistik bagi korban bencana , sehingga bantuan kurang tepat sasaran dan tidak merata. Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat mencoba menyamakan pemahaman dengan berbagai stok holder untuk membuat satu posko di lokasi bencana .

baca juga: Ribuan APD Diterbangkan Menggunakan Heli Canggih dari BIM ke Dharmasraya

"Jadi kedepan hanya ada satu posko utama pendistribusian logistik dilokasi bencana ," ujarnya ujar Kepala Pelaksana BPBD Sumbar, Erman Rahman, Jumat (30/8) di Padang.

Untuk menyamakan persepsi, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi pelatihan teknis petugas posko Incident Command System (ICS) beberapa hari lalu dengan beberapa stok holder termasuk daerah.

baca juga: Karena Hal Ini, Helikopter BNPB Terbang Rendah di Kabupaten Solok

Posko utama penyaluran logistik nanti akan dibangun dekat dari lokasi bencana untuk memudahkan menyalurkan bantuan.

"Nantinya bantuan logistik yang masuk melalui posko utama, disalurkan juga lewat posko tersebut sehingga jelas dan terukur," sebutnya.

baca juga: Antisipasi Bencana, BPBD Padang Siagakan 24 Personel Sehari

Selain itu kata Erman, tidak hanya soal logistik saja. Tetapi dengan diberikan pemahaman kepada staleholder terkait tentang memperkuat sistem penanganan darurat bencana melalui adaptasi pengetahuan ICS.

"ICS ini merupakan konsep manajemen pengelolaan insiden di tataran taktis operasional. Serta bermanfaat dalam setiap penanganan insiden dan mampu untuk mengefektifkan penanganan insiden yang akuntabel," tutupnya. (*)

baca juga: Bantuan Logistik Bencana dan APD Disalurkan ke Limapuluh Kota Pakai Helikopter

Penulis: Joni Abdul Kasir