Dishut Sumbar Pantau Kondisi Hutan di Hulu Sungai Pasaman

Dishut Sumbar pantau kondisi hutan di hulu sungai Pasaman menggunakan quadcopter (kamera terbang).
Dishut Sumbar pantau kondisi hutan di hulu sungai Pasaman menggunakan quadcopter (kamera terbang). (KLIKPOSITIF/Man St. Pambangun)

KLIKPOSITIF - Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat memantau kondisi tutupan hutan setelah banjir di Pasaman menggunakan quadcopter (kamera terbang).

Kadishut Sumbar Hendri Oktavia dan Kadishut Pasaman Yozarwardi menyebutkan, pantauan ini untuk memastikan tutupan hutan di sekitar hulu sungai yang mengaliri pemukiman warga di Lundar dan Lambak Kecamatan Panti.

baca juga: Irwan Prayitno: Jadikan Masjid Rumah Kedua

"Pantauan itu dilakukan untuk antisipasi bencana. Selain itu juga memastikan apakah benar tutupan hutan di hulu sudah menipis,” katanya, Kamis 7 April 2016.

Pihaknya juga memastikan dan mengkaji hal ini apakah ada perambahan atau illegal logging di hulu atau tidak. "Hasil pantauan udara ini juga sebagai kajian ke depannya agar ilegal logging tidak selalu disalahkan jika terjadi bencana," terangnya.

baca juga: Miris Taman Wisata Equator Bonjol Tidak Terurus, DPRD: Apa Kita Tidak Malu?

Ia berharap, ke depannya Dishut Pasaman juga memiliki quadcopter sendiri. Hadir dalam acara itu Bupati Pasaman Yusuf Lubis, dan Kadishut Pasaman Yozarwardi, serta sejumlah SKPD lainnya.

[Man St Pambangun]

baca juga: Terkait Gempa Darat di Pasaman, Ini Kata BMKG

Penulis: Fitria Marlina