Sambut Kedatangan Jamaah Haji, Ini Harapan Pemko Payakumbuh

Penyambutan jamaah haji asal Kota Payakumbuh.
Penyambutan jamaah haji asal Kota Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Setelah pulang dengan selamat menunaikan ibadah haji dari Tanah Suci, para jemaah haji asal Kota Payakumbuh diharapkan bisa jadi pedoman dan pelopor peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

Hal itu disampaikan Asisten III Setdako Payakumbuh Amriul Datuak Karayiang pada saat menyambut kedatangan jamaah haji asal Kota Payakumbuh di TK Jami'atul Hujaj IPHI, Kamis (5/9).

baca juga: Tidak Terawat, UMSB Rencana Bangun Replika Markas Syafruddin Prawiranegara di Koto Tinggi Limapuluh Kota

"Salah satu ciri-ciri haji yang mabrur adalah menjadi manfaat dan teladan bagi sekitar. Mudah-mudahan, semua jamaah yang baru kembali menjadi haji yang mabrur," kata Datuak Karayiang.

Lebih lanjut, Amriul berharap agar para jemaah haji untuk memberikan kontribusinya baik dalam memakmurkan Masjid dengan Salat berjemaah maupun berpartisipasi dalam pembangun Kota Payakumbuh ke depannya.

baca juga: Ratusan Massa Payakumbuh dan Lima Puluh Kota Bakal Ikuti Aksi Penolakan RUU HIP di Padang

"Dan semoga kepada seluruh jamaah haji kota Payakumbuh tahun 2019 ini menjadi haji yang mabrur," terangnya.

Untuk musim haji tahun 1440 Hijriah jamaah haji Kota Payakumbuh 2019 tergabung dalam kepulangan untuk gelombang II kloter 15 dan kloter cadangan 18 telah tiba kembali di Ranah Minang, Sabtu (31/8) malam.

baca juga: Sama dengan Salat Idul Fitri, Pemko Payakumbuh tak Fasilitasi Salat Idul Adha Tahun Ini

Plt. Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Kota Payakumbuh Jufrimal dalam laporannya menyebutkan, dari 244 jamaah haji yang diberangkatkan, kini yang kembali sebanyak 243 jamaah.

"Jamaah haji kota Payakumbuh berkurang 1 orang jamaah atas nama Yunimar Lutan berusia 87 tahun dari kelurahan Padang Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur yang tidak bisa ikut karena sakit saat akan di berangkatkan menuju Tanah Suci kemaren," ungkap Juf sapaan akrabnya.

baca juga: Tak Yakin Tuntas di Masanya, Riza Falepi Ingin Jadi yang Memulai Pembangunan Masjid Raya Payakumbuh

Dari 244 total jamaah haji Kota Payakumbuh yang berangkat di tahun 2019, adapun 95 jamaah diantaranya merupakan jamaah laki-laki dan 149 jamaah perempuan.

Juf juga menyampaikan bahwa rombongan haji kota Payakumbuh saat mendarat pada Sabtu siang di BIM Padang ada yang mengalami gangguan kesehatan.

"Ada dua orang jamaah haji kita mengalami gangguan kesehatan saat tiba di Padang dan hal ini langsung dilakukan tindakan cepat dari tim medis, sehingga satu orang jamaah atas nama Yusmar berusia 61 tahun dari Kelurahan Ibuh dapat dipulangkan langsung. Akan tetapi satu orang jamaah haji atas nama Farida berusia 60 tahun dari Kelurahan Tanjung Gadang Sungai Pinago harus dirawat di rumah sakit untuk dilakukan tindakan lanjutan," pungkasnya. (*)

Penulis: Taufik Hidayat