353 Jiwa Terdampak Angin Kencang di Solok Selatan

SOLSEL, KLIKPOSITIF -- Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel), Abdul Rahman bersama pejabat Organisasi Pejabat Daerah (OPD) terkait turun meninjau lokasi bencana yang terdampak parah hujan disertai angin kencang di Kecamatan Pauh Duo.

Kedatangan wabub ini untuk melihat langsung dampak yang ditimbulkan dan memastikan para korban yang terdampak mendapat penanganan dengan baik dan memperoleh bantuan secepatnya sesuai kebutuhan.

baca juga: Tersengat Listrik Saat Ambil Layangan, Remaja 12 Tahun Meninggal di Padang

" Bencana seperti ini sudah beberapa kali terjadi. Kalau dapat pohon yang berdekatan dengan rumah ditebang. Sebab ini sangat berbahaya, bila terjadi angin kencang ," ujar Wabup kepada wartawan saat meninjau sejumlah titik kerusakan, Minggu (8/9).

Ia mengungkapkan, kerusakan bangunan rumah milik warga kebanyakan rusak akibat tertimpa pohon yang roboh diterjang angin. Menurutnya, saat ini bantuan berupa material bangunan sangat diperlukan para korban.

baca juga: Akibat Curah Hujan, Jalan Penghubung Salido Sari Bulan dan Koto Rawang Terkikis Aliran Sungai

"Bahan material bangunan yang dibutuhkan sebab rumah tempat mereka berteduh, kalau lama belum diperbaiki susah. Apalagi Rata-rata korban yang rumahnya rusak mengungsi ke rumah tetangga," katanya.

Dirinya berharap, semua pihak dapat membantu musibah ini, uluran tangan sangat dibutuhkan untuk meringankan beban mereka yang tertimpa musibah. Terlebih katanya, bencana juga merusak satu rumah ibadah yang keberadaannya begitu vital di tengah masyarakat.

baca juga: Bawa Sabu, Dua Pemuda Kota Solok Diringkus Polisi

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Solsel, Hapison menambahkan, untuk bantuan bencana dapat disalurkan melalui posko di Kantor Wali Nagari Luak Kapau.

"Posko Bantuan di Kantor Wali Nagari Luak Kapau di Ujuang Jalan, disitu sudah tempatkan personil," tukasnya.

baca juga: 7 Nagari di Batangkapas Pessel Terdampak Banjir, Rumah dan Jembatan Rusak Parah

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Dicki Nanda Utama mengatakan sebanyak 85 kepala keluarga (KK), 353 jiwa terdampak Hujan Disertai Angin Kencang yang melanda satu kecamatan didaerah itu Jum'at (6/9) lalu.

"Setelah kami inventarisasi ditemukan sebanyak 85 KK dengan jumlah jiwa 353 orang dengan estimasi kerugian mencapai Rp261.4 juta rupiah," kata Dicki.

Kerugian itu imbuhnya, didapat dari 85 unit rumah yang rusak dengan rincian rusak ringan 77 unit, rusak sedang enam unit dan berat dua unit yang tersebar di tiga Nagari.

Ia menambahkan Nagari yang paling banyak terdampak yaitu Luak Kapau 38 unit, Kapau Alam Pauah Duo sebanyak 37 unit dan Pauah Duo Nan Batigo 10 unit.

"Di Pauah Duo Nan Batigo jumlah rumah terdampak sedikit tetapi kerugian yang ditimbulkannya lebih besar dari dua Nagari lainnya, karena terdapat dua unit Rumah rusak berat," ujarnya.

Pemkab Solsel lanjutnya, telah menginvetarisir kerusakan dari bencana tersebut. Setidaknya, terdapat tiga bangunan yang rusak berat. Wabup mengintruksikan untuk distribusi material bangunan segera diberikan pada korban besok (hari ini, red).

"Bantuan seperti seng atap dan kayu sehingga rumah-rumah warga dapat direhab kembali secepatnya. Kalau yang rusak berat cuman tiga, rusak sedang tetap akan kami berikan bantuan," pungkasnya.

Senada, Walinagari Luak Kapau Alam Pauhduo, Syahibul Izar, mengatakan saat ini masyarakat memang membutuhkan bantuan untuk memperbaiki rumahnya.

"Masyarakat butuh bantuan material seperti seng, paku, kayu reng dan kebutuhan lain yang akan digunakan memperbaiki rumah mereka," jelasnya. 

[Kamisrial]

Penulis: Agusmanto