Puskesmas Lubuk Alung Raih Akreditasi Paripurna, Ini Kata Bupati

(Ist)

PADANG, PARIAMAN -- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman Drs. Yutriadi Rivai, Apt mengatakan Puskesmas Lubuk Alung raih status Paripurna dan satu-satunya puskesmas di Provinsi Sumatera Barat yang meraih predikat tersebut.

"Penilaian dilakukan tanggal 27 sampai dengan 31 Agustus 2019 lalu di Puskesmas Lubuk. Saat itu juga dilakukan penilaian di Puskesmas Pasar Usang. Tim Surveyor kita sambut dengan prosesi acara seremonial dipimpin Asisten Pembangunan bapak Drs. Idarussalam, kebetulan waktu itu saya sedang menunaikan tugas menjadi Pendamping Haji bidang Kesehatan," jelas Yutiardi memulai, Selasa 23 Oktober 2019.

baca juga: Warga Tandikek Ditemukan Meninggal di Sungai Batang Mangoi

Puskesmas Lubuk Alung dikunjungi surveyor akreditasi puskesmas untuk dilakukan penilaian re akreditasi puskesmas dimana sebelumnya sudah dilakukan akreditasi tahun 2016. "Hal ini sesuai Permenkes No 46 Tahun 2015 bahwa puskesmas wajib dilakukan penilaian sekali 3 tahun.

"Tim Surveyor Akreditasi yang datang terdiri dari Susilawati, SKM, M.Kes surveyor Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM), Dr. Maya F. Hoesin, M.Kes surveyor Usaha Kesehatan Perorangan (UKP) dan Drg. Frisdawati Amran Boer, MM surveyor Administrasi Manajemen (Admen)," sambungnya.

baca juga: Sambut HUT RI ke 75, Polisi di Padang Pariaman Bagikan Bendera dan Masker untuk Warga

"Hasilnya memang terbukti paripurna untuk Puskesmas Lubuk Alung ketika kami menerima surat dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia nomor YM.02.01/VI.14/00127/2019 tanggal 14 Oktober 2019. Sementara Puskesmas Pasar Usang mendapat akreditasi Utama," sebut Yutiardi.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, mengatakan "ini suatu kebanggaan baru bagi daerah Kabupaten Padang Pariaman khususnya Puskesmas Lubuk Alung. Bak kato urang Minang, pacah talua di Sumbar. Pencetus pertama di Sumbar puskesmas terakreditasi Paripurna dari 269 Puskesmas yang ada di Provinsi Sumatera Barat Puskesmas Lubuk Alung tercatat satu-satunya yang meraih Paripurna,".

baca juga: Datangi Rumah Warga Miskin, Ini yang Dilakukan Polres di Padang Pariaman

Ali Mukhni berharap rintisan dari Puskesmas Lubuk Alung memotivasi dan mendorong puskesmas-puskesmas lain di Padang Pariaman untuk meraih status akreditasi Paripurna. (Rahesa)

Penulis: Eko Fajri