Polres Pasbar Musnahkan 17 Kilogram Ganja Kering

Pemusnahan barang bukti di halaman kantor Satresnarkoba Polres Pasbar
Pemusnahan barang bukti di halaman kantor Satresnarkoba Polres Pasbar (Istimewa)

PASAMAN BARAT , KLIKPOSITIF -- Sebanyak 17 kilogram barang bukti berupa ganja kering dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Satresnarkoba Polres Pasaman Barat -Sumatera Barat, Selasa (3/12/2019).

Barang bukti tersebut diamankan petugas dari dua orang tersangka asal Kabupaten Madina-Sumut, yang dibawa dari Sumut ke Sumbar.

baca juga: Polisi Pariaman Tangkap Dua Orang Pengedar Narkoba

Setelah melalui sejumlah tahapan, Satuan Reserse Narkoba Polres Pasbar memusnahkan 17 kilogram ganja kering siap edar di halaman Kantor Satnarkoba.

Pemusnahan itu disaksikan oleh perwakilan dari Pengadilan Negeri Pasbar dan Kejaksaan Negeri Pasbar serta bersama kedua tersangka didampingi kuasa hukumnya.

baca juga: Cabup Petahana di Pasbar Janji Perbaiki Jalan jika Terpilih Jadi Bupati

"Pemusnahan dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menghindari aksi penyalahgunaan barang bukti," ujar Waka Polres Pasbar Kompol Albert Zai.

Ia menjelaskan, barang bukti ganja ini merupakan hasil pengungkapan kasus peredaran narkoba oleh petugas pada bulan November lalu. Mereka ditangkap tim Satresnarkoba saat membawa ganja menggunakan satu mobil mewah di Simpang Air Balam, Kecamatan Koto Balingka.

baca juga: KPU: Lima Paslon Kepala Daerah Pasbar Telah Menyerahkan LADK

Ia melanjutkan, selama pemeriksaan kedua tersangka mengaku membawa ganja tersebut dari Kabupaten Madina-Sumut. Kemudian rencananya, akan diantar kepada rekannya untuk diedarkan di Kabupaten Pasaman Barat .

Saat ini, kasus kedua tersangka masih dalam tahap proses penyelidikan untuk mendalami dugaan keterlibatan tersangka lainnya. 

baca juga: Kantongi Nomor Urut 3, Erick Hariyona - Syawal Siap Jadi Energi Baru Pasaman Barat

[Irfan Pasaribu]

Penulis: Iwan R