Presiden Minta Eselon 3 dan 4 di Sumbar Ditiadakan

Pegawai Pemprov Sumbar
Pegawai Pemprov Sumbar (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan M. Yani mengatakan, Presiden Jokowi meminta eselon 3 dan 4 di Sumatera Barat (Sumbar) untuk ditiadakan, sehingga pengambil keputusan bisa lebih cepat.

Hal itu tertuang dalam sambutan presiden yang dibacakannya saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-48 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di lapangan Kantor gubernur Sumatera Barat, Jum'at (29/11) lalu.

baca juga: Lantik Empat Pejabat Eselon II, Gubernur Sumbar: Jangan Kasak-Kusuk

"Kita harus kurangi seremonial yang rutinitas dan lebih tingkatkan produktivitas dan orientasi hasil. Tugas birokrasi adalah pastikan pelayanan rakyat terlayani," katanya.

Menurutnya, revolusi industri 4.0 telah mendisrupsi segala lini kehidupan, bukan hanya cara dalam berkomunikasi, tapi juga dalam cara mengelola pemerintahan.

baca juga: Kran Perjalanan Dinas dan Klaster Rumah Bagonjong

Ditambah dengan persaingan antar negara semakin sengit untuk berebut teknologi, berebut pasar, dan memperebutkan talenta-talenta yang digunakan untuk memajukan negaranya.

"Dalam menghadapi perubahan dan persaingan itu, kita tidak boleh takut. Kita harus menghadapi persaingan itu dengan cara-cara baru, dengan terobosan-terobosan baru. Kecepatan, kreativitas, dan inovasi adalah kunci," jelasnya.

baca juga: Pejabat Pemko Padang Positif Corona Tertular dari Istri, Kadinkes Sumbar: Istrinya Terinfeksi Saat Menswab Pedagang Pasar Raya

Cara-cara lama yang monoton, lanjut Yani, yang tidak kompetitif tidak bisa diteruskan lagi. "Kita harus bisa lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan negara lain," ungkapnya. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir