Dibuka Tahun Depan, Ini Jembatan Pertama Penghubung Cina-Rusia

Jembatan yang menghubungkan Cina-Rusia
Jembatan yang menghubungkan Cina-Rusia (net)

KLIKPOSITIF - Tahun depan sebuah jembatan pertama yang menghubungkan negara Cina dan Rusia bakal dibuka. Setelah bertahun-tahun dibangun, jembatan ini akan resmi dibuka musim semi tahun depan.

Dilansir dari Travel and Leisure, jembatan baru yang didominasi warna merah tersebut akan membentang di atas Sungai Amur dan menghubungkan kota Blagoveshchensk di Rusia dengan kota Heihe di Cina. Jembatan ini sendiri dibangun dalam rangka meningkatkan volume lalu-lintas barang antara Cina-Rusia dan juga meningkatkan perdagangan produk pertanian.

baca juga: Video Polisi Dipukul Intel Masuk 9GAG, Ini Respon Netizen

"Kami membangun koridor transportasi internasional yang baru," ujar Vasily Orlov, walikota daerah Amur kepada laman Reuters. "Ini akan mengizinkan kami untuk mencapai potensi transit secara maksimal."

Tak hanya memperlancar arus perpindahan barang, jembatan baru ini juga disebut sebagai salah satu tanda menghangatnya hubungan Cina dan Rusia. Konstruksi jembatan sendiri dimulai sejak tahun 2016 silam. Jembatan di sisi Cina dikabarkan sudah selesai sejak Oktober 2018, namun sisi Rusia membutuhkan waktu dan biaya lebih mahal.
Jembatan itu juga membutuhkan konstruksi lebih dari 12 mil atau sekitar 19,3 km jalan baru, yang dilakukan oleh perusahaan Russo-Chinese.

baca juga: Ribuan Anjing Laut Mati Misterius di Namibia

Tak tanggung-tanggung, proyek ini juga memakan biaya 295 juta USD. Sementara, panjang akhir jembatan tersebut mencapai 1.700 kaki (518 meter). Selain untuk urusan perdagangan, jembatan ini nantinya juga diharapkan akan dilintasi 2 juta turis Cina per tahunnya.

Tak hanya itu, Cina dan Rusia juga akan segera membuka kereta gantung internasional pertama pada tahun 2020 nanti, yang dapat digunakan untuk melintasi antarnegara dalam waktu tujuh setengah menit saja.

baca juga: FDA Setujui Obat yang Digunakan Trump Menjadi Obat Covid-19

Penulis: Ramadhani