UNP Anugerahkan Gelar Doktor Honoris Causa untuk Jusuf Kalla

Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan gelar Doktor Kehormataan (Honoris Causa) kepada Jusuf Kalla Bidang Penjamin Mutu Pendidikan Program Studi Ilmu Pendidikan, Kamis, 5 Desember 2019.
Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan gelar Doktor Kehormataan (Honoris Causa) kepada Jusuf Kalla Bidang Penjamin Mutu Pendidikan Program Studi Ilmu Pendidikan, Kamis, 5 Desember 2019. (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan gelar Doktor Kehormataan (Honoris Causa) kepada Jusuf Kalla Bidang Penjamin Mutu Pendidikan Program Studi Ilmu Pendidikan , Kamis, 5 Desember 2019. Penganugerahan dilakukan dalam rapat senat terbuka di auditorium UNP.

Jusuf Kalla usai penghargaan mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. "Ini juga langkah kita bersama-sama meningkatkan cita-cita dalam meningkatkan kualitas pendidikan ," katanya.

baca juga: Kebijakan Pemerintah soal Kuota Pendidikan Dinilai Sia-sia

Ia mengatakan kualitas pendidikan yang harus terus ditingkatkan. "Evaluasi harus terus dilakukan, terutama berkaitan dengan Ujian Nasional (UN) dari tahun ke tahun baik cara dan hasil dari ujian itu sendiri. Evaluasi hasil pendidikan itu harus," tegasnya.

Menurutnya pelaksanaan Ujian Nasional yang dilaksanakan sangat relevan dalam memajukan pendidikan nasional dan juga bangsa. "Kalau tidak ada bagaimana kita maju. Ujian Nasional masih relevan dilaksanakan, yang tentunya juga dibarengi dengan evaluasi untuk perubahan- perubahan dengan cara yang juga harus tepat," jelasnya.

baca juga: Pemko Padang Pasang WiFi di Masjid Bantu Pelajar Belajar Daring

Ia mengataan Ujian Nasional jangan sampai ditiadakan. "Kalau ditiadakan maka pendidikan kita akan kembali pada sebelum diterapkannya Ujian Nasional seperti pada tahun sebelum tahun 2003. Dengan Ujian Nasional saja kita sudah tertinggal, apalagi tidak ada Ujian Nasional, maka standar kita soal pendidikan tidak tercapai," jelasnya.

Rektor UNP Ganefri mengatakan Jusuf Kalla merupakan sosok yang dinilai sebagai tokoh dan penggagas, pejuang dan pengawal mutu pendidikan di Indonesia. "Melalui kebijakan dan kiprahnya dalam penjaminan mutu pendidikan yang berimbas kepada pendidikan , maka ini menjadi hal yang pantas bagi UNP memberikan Doktor Kehormataan (Honoris Causa) kepada Jusuf Kalla," jelasnya.

baca juga: Banjir di Batangkapas Pessel Capai Ketingian 1,5 Meter, Sekolah Terendam dan Dokumen Tidak Bisa Terselamatkan

Dalam penanugerahan itu, hadir Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Fakhrizal, para menteri di Kabinet Indonesia Kerja, mahasiswa dan dosen di lingkungan civitas akademika UNP. (*)

Penulis: Fitria Marlina