Lolos Seleksi, 954 Hafiz Alquran Kota Solok akan Diwisuda 12 Desember Mendatang

Seleksi 1000 Hafiz kota Solok di Masjid Agung Al-Muhsinin, Kota Solok
Seleksi 1000 Hafiz kota Solok di Masjid Agung Al-Muhsinin, Kota Solok (Istimewa)

SOLOK , KLIKPOSITIF -- Sebanyak 954 Hafiz (penghafal Alquran) berhasil lolos dalam seleksi program 1.000 Hafiz Kota Solok 2019. Para Hafiz akan diwisuda pada 12 Desember 2019 mendatang di Gedung Kubuang Tigo Baleh.

Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam surat keputusan dewan hakim seleksi 1.000 Hafiz Kota Solok dengan nomor 01/DH-1000 Hafizh/XI/2019. Seleksi diikuti sekitar 1.200 peserta dari berbagai tingkatan.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

"Sebelum diwisuda, nantinya para Hafiz akan diarak dari kantor Balaikota Solok menuju Gedung Kubuang Tigo Baleh," ungkap Kabag Humas kota Solok , Nurzal Gustim, Jum'at 6 Desember 2019.

Selain prosesi wisuda, pada hari yang sama juga sekaligus bakal dilangsungkan tabligh akbar dengan penceramah Ustaz Ahmad Wijayanto yang memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat.

baca juga: Ratusan Tenaga Medis dan Guru di Kota Solok Ikuti Tes Swab

Menurutnya, Wisuda 1.000 Hafiz merupakan salah satu gebrakan Pemerintah Kota Solok dalam merangsang masyarakat untuk belajar membaca dan menghafal Alquran, terutama bagi generasi muda.

Program wisuda 1.000 Hafiz seakan mencerminkan semangat religius yang disandang kota berjuluk Kota Beras Serambi Madinah yang sudah melekat kuat pada daerah penghasil beras tersebut.

baca juga: Deteksi COVID-19, Pemkab Solok Lakukan Pool Test pada 30 Kluster

Di sisi lain, Kabag Kesra kota Solok Heppy Darmawan mengatakan, Pemerintah Daerah juga tengah menyiapkan berbagai kemudahan bagi Hafiz Alquran Kota Solok , termasuk dalam hal belanja.

"Kita sudah melakukan pembicaraan dengan pemilik berbagai toko yang ada di Kota Solok untuk memberikan potongan harga bagi Hafiz yang berbelanja, kecuali untuk rokok," sebut Heppy Darmawan.

baca juga: Libatkan Tenaga Ahli, Pemko Solok Matangkan Dokumen GDPK

[Syafriadi]

Penulis: Iwan R