Kembangkan Potensi Pariwisata dan Budaya, Pemkab Tanah Datar Lakukan Ini

Pembukaan Dialog pariwisata dan budaya Tanah Datar
Pembukaan Dialog pariwisata dan budaya Tanah Datar (KLIKPOSITIF/ Irfan Taufik)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -- Dalam upaya pengembangan potensi pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Tanah Datar , pemerintah daerah setempat melakukan dialog dengan tokoh adat, bundo kanduang, pegiat pariwisata, akademisi, organisasi pemuda, dan wartawan.

"Berbagai kendala banyak kita temui seperti anggaran yang masih terbatas, investasi swasta masih sedikit, dan kurangnya inovasi objek wisata," ucap Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi saat membuka dialog budaya dan pariwisata di Emersia Hotel Batusangkar, Sabtu 7 Desember 2019.

baca juga: KPU Tanah Datar Tetapkan Nomor Urut, Paslon Berkomitmen Terapkan Protokol COVID-19

Irwandi menyebutkan berbagai kendala tersebut akan terus dicarikan solusinya dan dikembangkan karena Pemkab Tanah Datar sudah menjadikan bidang pariwisata sebagai sektor unggulan dalam rencana pembangunan daerah 2016-2021.

"Sektor pariwisata hendaknya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, menyentuh seluruh kehidupan masyarakat seperti kuliner, transportasi dan lahan pertanian bisa langsung dimanfaatkan menjadi sektor pariwisata," tuturnya.

baca juga: Ini Pasangan Calon yang Ditetapkan KPU Tanah Datar

Sekarang ini, kerennya wisata itu objek wisata alam termasuk sektor pertanian misalnya pergi ke sawah, kebun jeruk, kebun strawberi dan tanaman lainnya dimana para wisatawan dapat membawa hasil pertanian dan berswafoto di lokasi.

"Kita sangat mengharapkan akan lahir beberapa catatan dan rekomendasi dari peserta dialog untuk pengembangan pariwisata dan budaya di Tanah Datar ," tutur Irwandi. (irfan taufik)

baca juga: Pengurus LKAAM Limo Kaum Dikukuhkan, Plt Bupati Tanah Datar Ingatkan Hal Ini

Penulis: Eko Fajri