Agam Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM 2019

Sekda menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM 2019
Sekda menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM 2019 (Ist)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Di penghujung 2019, Pemerintah Kabupaten Agam kembali meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini yang diterima adalah penghargaan Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Penghargaan ini diserahkan pada acara peringatan Hari HAM Sedunia ke-71, yang diterima oleh Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah Agam , Martias Wanto, di Gedung Merdeka JL. Asia Afrika Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12).

baca juga: Lagi, Agam Tambah 26 Pasien Total 465 Warga Terjangkit

Dikesempatan ini, Martias Wanto didampingi Sekretaris DPRD Agam , Indra, Kabag Hukum Setdakab Agam , Desnawati dan Kasubag Bantuan Hukum, Oyong Liza.

Penghargaan yang diterima Sekda Agam ini adalah predikat Kabupaten Peduli HAM 2019, atas dasar penilaian tahun 2018. Yang tahun sebelumnya baru mampu meraih predikat Kabupaten Cukup Peduli HAM.

baca juga: Update COVID-19 di Agam Hari Ini, Dua Positif dan 13 Pasien Dinyatakan Sembuh

Bahkan dari 12 kabupaten kota di Sumatera Barat yang meraih penghargaan ini, Agam berada pada posisi teratas dengan memiliki nilai tertinggi.

Sekdakab Agam , Martias Wanto melalui Kabag Hukum, Desnawati menyebutkan, penghargaan ini merupakan peningkatan prestasi bagi pemerintah Kabupaten Agam , yang sejak tiga tahun terakhir baru mampu meraih penghargaan kriteria Kabupaten Cukup Peduli HAM.

baca juga: Kota Padang dan Kabupaten Agam Zona Merah COVID-19, Ini yang Seharusnya Diterapkan

Disebutkan, penghargaan ini diterima atas upaya dan keberhasilan dalam pemenuhan dan pelayanan publik, yang merupakan bagian dari hak dasar masyarakat seperti hak disabilitas, hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan dan hak asasi lainnya.

"Capaian atas pemenuhan hak dasar ini menjadi tolak ukur untuk menentukan kelayakan Agam mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM," sebutnya. (rel)

baca juga: Jalan Bukittinggi-Medan Amblas, Berpuluh Kendaraan Antri

Penulis: Rezka Delpiera