Baznas Tanah Datar Salurkan Dana Rp6,5 Miliar selama 2019

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -- Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Kabupaten Tanah Datar telah menyalurkan dana sekitar Rp6,5 miliar kepada warga yang berhak menerima selama 2019.

"Dana tersebut didistribusikan dalam berbagai program bantuan kepada masyarakat," ucap Ketua Baznas Kabupaten Tanah Datar H. Emrizal Datuk Hyang Basa di Batusangkar, Rabu 11 Desember 2019.

baca juga: KPU Tanah Datar Tetapkan Nomor Urut, Paslon Berkomitmen Terapkan Protokol COVID-19

Emrizal menjelaskan, beberapa program bantuan tersebut berupa ekonomi produktif sudah menyalurkan dana sebesar Rp901 juta. Dana itu dibagikan kepada 262 kepala keluarga dengan berbagai bidang usaha seperti peternakan, pertanian, perikanan dan usaha produktif lainnya.

"Untuk bantuan pendidikan bagi mahasiswa kurang mampu yang diterima perguruan tinggi negeri, Baznas Tanah Datar sudah menyalurkan bantuan sebesar Rp177.100.000 kepada 102 mahasiswa," tutur Emrizal.

baca juga: Ini Pasangan Calon yang Ditetapkan KPU Tanah Datar

Ia mengharapkan bantuan pendidikan ini hendaknya mampu menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk menyelesaikan kuliah dan nantinya mengabdi untuk daerah.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma mengapresiasi upaya Baznas dalam mengumpulkan zakat dan meyakinkan aparatur sipil negara menyerahkan zakatnya melalui Baznas

baca juga: Pengurus LKAAM Limo Kaum Dikukuhkan, Plt Bupati Tanah Datar Ingatkan Hal Ini

"Zakat yang mereka berikan melalui Baznas hendaknya benar-benar disalurkan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat," tutur Zuldafri.

Wabup meminta bila saat ini masyarakat menerima zakat, maka ke depan harus berada di barisan paling depan untuk menggerakkan ekonomi di daerahnya masing-masing. Apabila ini benar-benar terjadi, maka bantuan ini tidak sia-sia dan benar-benar mampu menggerakkan ekonomi masyarakat. (irfan taufik)

baca juga: APBD Perubahan Tanah Datar: Pendapatan Turun Rp125,78 Miliar

Penulis: Eko Fajri