Jelang Tahun Baru, Ini Imbauan Kasat Lantas Polres Pasbar

Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 di dekat Lampu Merah Simpang Empat-Pasbar.
Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 di dekat Lampu Merah Simpang Empat-Pasbar. (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT , KLIKPOSITIF -- Jajaran Satuan Lalulintas Polres Pasaman Barat ( Pasbar ) meminta masyarakat agar waspada terhadap kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) selama libur Natal dan Tahun Baru.

Kasat Lantas Polres Pasbar , AKP Andri Nugroho, berharap pengendara dalam berkendaraan tidak dalam kecepatan tinggi, meski kondisi jalan di sebagian besar wilayah di Pasaman Barat sudah mulus.

baca juga: Kisah Seorang Ibu Demi Sebuah Kursi Roda Untuk Sang Anak di Pasbar

Menurutnya, imbauan melalui rambu-rambu tetap dilakukan di daerah rawan kecelakaan. Di samping itu pihaknya juga sudah mendirikan pos pengamanan.

Ia menjelaskan, selama liburan akhir tahun ini berlangsung, diperkirakan jumlah kendaraan akan meningkat. Untuk itu masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari lakalantas.

baca juga: Kontak dengan Dua Pasien COVID-19, Puluhan Warga Pasbar Test Swab Massal

Selain itu, para pengendara juga harus memastikan seluruh dokumen kendaraan dan memastikan kendaraan nya dalam kondisi normal, serta memperhatikan rambu-rambu yang ada di daerah yang rawan kecelakaan.

"Kita meminta warga agar taat aturan. Bagi warga yang kelelahan saat berkendara, bisa memanfaatkan pos terpadu untuk istirahat atau pemeriksaan kesehatan, yang di pusatkan di pusat pemerintahan Kabupaten Pasbar .

baca juga: Pulang Dari Aceh, Dua ASN di Pasaman Barat Terkonfirmasi Positif Corona

Di samping melakukan imbauan, kata Andri, selama liburan Natal dan Tahun Baru, anggota Polisi dan tim gabungan juga bersiaga di sejumlah objek wisata dan titik rawan macet.

"Kita ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang hendak berlibur," ungkapnya.

baca juga: Diterima di Universitas Al Azhar, Santri Asal Kapar Pasbar Terkendala Biaya Berangkat

Ia berharap, pengendara tidak memaksakan diri saat berkendara, baik pengendara kendaraan roda dua dan empat. Sedangkan khusus untuk angkutan umum diminta agar tertib dan memperhatikan keselamatan penumpang.

[Irfan Pasaribu]

Penulis: Iwan R