DLH: Ini Dua Sumber Sampah di Pantai Padang

Tumpukan sampah yang ada di Pantai Padang pada Sabtu 10 Januari 2020 lalu
Tumpukan sampah yang ada di Pantai Padang pada Sabtu 10 Januari 2020 lalu (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Tidak selesainya masalah sampah di Pantai Padang selama ini diketahui karena masih banyaknya pembuangan sampah ke sungai selama ini. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Padang , Mairizon mengatakan bahwa ada dua asal sampah yang memenuhi Pantai Padang selama ini.

"Asal sampah pertama itu dari darat yang dibuang ke sungai, sehingga masuk ke laut. Pada gelombang naik, sampah yang mengendap itu keluar dan sampai di pantai," ujarnya saat dihubungi KLIKPOSITIF .com, Senin 13 Januari 2020.

baca juga: Dishub Padang Minta Masyarakat Laporkan Jika Melihat Ada Petugas Mereka Kerja Malam Hari, Ada Apa?

Untuk asal sampah lainnya, menurutnya dari kapal yang membuang sampah ke lautan dan dibawa oleh ombak ke daerah pantai.

"Meskipun begitu, kami memperkirakan sampah terbanyak itu berasal dari sungai. Karena dari pemantauan di lapangan, sampah yang ada itu sudah melapuk," lanjutnya. Ia memperkirakan, sampah tersebut telah berumur lebih dari satu tahun, karena beberapa sampah plastik yang susah diurai sudah melapuk.

baca juga: Kasus COVID-19 Terus Bertambah di Padang, Disdik Pastikan Belum Laksanakan PBM Tatap Muka

Pada pembersihan yang dilakukan pada Senin pagi, pihaknya telah mengumpulkan sampah sebanyak satu truk kontainer dan masih dilanjutkan hingga saat ini. "Kami masih melakukan pembersihan. Tadi kami menurunkan sebanyak 35 orang personel dan ditambah 20 orang personel dari Dinas Pariwisata Kota Padang ," lanjutnya.

Dengan tidak terbendungnya jumlah sampah yang memenuhi Pantai Padang selama ini, pihaknya akan memasang jaring sampah di laut, agar bisa mengurangi sampah yang memenuhi Pantai Padang .

baca juga: Berbeda Dari Tahun Lalu, Begini Susunan Upacara 17 Agustus Pemkab Pessel Tahun Ini

"Kami masih merancangnya untuk penganggaran tahun ini dan kami harap ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi sampah di Pantai Padang ," lanjutnya.

Menurutnya, pemasangan jaring sampah tersebut akan dilakukan setelah anggaran tahun ini dikucurkan dan akan langsung direlokasikan untuk planing tersebut.

baca juga: Belum Jelas Kapan Bukittinggi Akan Memulai Sekolah Tatap Muka

Penulis: Halbert Caniago