Bapenda Pessel Klaim Berhasil Tingkatkan PAD dengan Cara Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)
PESSEL , KLIKPOSITIF

-- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terus menciptakan terobosan dalam meningkatkan angka pendapatan asli daerah (PAD) pada 2020.

Kabapenda Pesisir Selatan, Dasrianto Putra mengaku, sejumlah terobosan tersebut diterapkan sepanjang berberapa tahun terakhir, dan hasilnya cukup menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) didaerah itu.

baca juga: Wabup Pessel: Walnag Jangan Abaikan Peran Bamus

"Langkah tersebut kita lakukan dalam menekan angka kebocoran, dan mengoptimalkan setiap sektor yang ada," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF , Rabu 15 Januari 2020.

Tahun 2019, pihaknya sukses menerapkan penerimaan pajak online melalui Nagari Cash Management (NCM), dan tahun 2020 akan kembali dilakukan kerjasama dengan Bank Nagari khusus peningkatan retribusi KIR melalui E-Kir.

baca juga: Puncak Langkisau Suguhkan View Indah Bagi Atlet Paralayang Pesona Langkisau 2021

"Dan ini sudah dua kali kita bahas dengan bank Nagari. Mudah-mudahan secepatnya bisa diterapkan, dan semoga dapat memberikan pelayanan lebih optimal kepada masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, sepanjang tahun 2019 penerimaan PAD di setiap sektor rata-rata mengalami peningkatan. Terutama dari sisi pajak meneral bukan logam dan batuan. Itu penerimaan mencapai 126 persen atau melebihi target.

baca juga: Bupati Pessel Minta Seluruh OPD Segera Tuntaskan Proses Seluruh Pelaksanaan Kegiatan 2021

"Targetnya (2019) itu Rp2,5 miliar. Dapatnya Rp3,1 miliar atau tercapai 126 persen," terangnya.

Sedangkan penerimaan secara keseluruhan tahun 2019 tercatat Rp135 miliar, dan naik mencapai Rp4 miliar dari tahun 2018 yang hanya sekitar Rp131 miliar.

baca juga: Tahun Ajaran Baru Siswa Di Solsel Dapat Seragam Gratis

"Cukup siginifikan setiap tahun, rata-rata peningkatan mencapai 15 persen," ulasnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri