TNI Kirim Satgas Kemanusiaan ke Natuna

Pasukan Marinir di Lapangan Utama Markas Korps Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat
Pasukan Marinir di Lapangan Utama Markas Korps Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (suara.com)

KLIKPOSITIF - Korps Marinir TNI Angkatan Laut mengirimkan Satgas Kemanusiaan ke Natuna dalam rangka menerima Warga Negara Indonesia ( WNI ) yangdievakuasi dari Wuhan , China, yang akan transit di Natuna, Kepulauan Riau.

Satgas kemanusiaan itu dilepas langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, di Lapangan Apel Brigif 1 Marinir Pasmar 1, Jakarta, Jumat (31/1).

baca juga: Tanpa Buang Peluru, Indonesia Bebaskan WNI yang Diculik

Siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (1/2/2020), menyebutkan, Satgas tersebut berasal dari Kesehatan, Komlek (Komunikasi dan Elektronika), Polisi Militer, dan Bekpal (Perbekalan dan Perlengkapan) Korps Marinir .

Satgas itu dipimpin oleh dokter yang berdinas di Marinir yaitu Lettu Laut dr Trisno Hendarsyah dan Lettu Laut dr Nicolas.

baca juga: Orangtua ABK Kapal China Asal Padang Tetap Berharap Anaknya Pulang dengan Selamat

Satgas ini akan diperbantukan untuk menangani WNI yang dipulangkan dari negara yang sedang terkenawabah Virus Corona( Wuhan China) yang untuk sementara akan ditransitkan di daerah Natuna.

"Kalian sudah mendapatkan pelatihan dan ada peralatan yang kita miliki guna menangani saudara-saudara kami yang dievakuasi dari Wuhan , China ke Natuna," kata Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

baca juga: Mulai Hari Ini Lanud Sutan Sjahrir Punya Babinsa, Danlanud Kukuhkan 3 Bintara

Ia mengatakan, para prajurit-prajurit Marinir bukan hanya jadi ahli dalam peperangan, namun harus mampu menjalankan tugas kemanusiaan.

Dankormar meminta agar Satgas Kemanusiaan melakukan semua prosedur pengamanan terhadap bahaya penyakit menular.

"Kami juga sudah punya 50 set alat pelindung diri yang akan kalian pergunakan dan ini juga sudah punya kemampuan CBRN," kata Jenderal bintang dua ini.

baca juga: Kerusuhan Meluas, Ini Nasib WNI di Ameriksa Serikat

Dalam kesempatan itu, Dankormar mengingatkan agar para anggota tetap melaksanakan tugas dengan hati-hati dan waspada.

"Jangan lengah, karena musuh yang akan kita hadapi virus-virus kecil yang tidak bisa kita lihat secara kasat mata, jangan lupa tetap berdoa dalam setiap apapun yang akan kita laksanakan, landasi semua pekerjaan dengan penuh keikhlasan," katanya.

Hadir pada acara pelepasan Satgas Kemanusiaan tersebut Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah pejabat utama Kormar dan para pejabat Pasmar 1 serta para Dankolak Korps Marinir Wilayah Jakarta.

Editor: Haswandi