Program Beasiswa S2 Kemkominfo RI Tahun 2020 Kembali Beri Kesempatan untuk Diikuti PNS dan Non PNS

Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Dra. Haryati, M.IKom
Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Dra. Haryati, M.IKom (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (KemKominfo) RI kembali melakukan kegiatan Sosialisasi Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Bidang Komunikasi dan Informatika Tahun Anggaran 2020 dan memberi kesempatan pada pekerja Pekerja Negeri Sipil (PNS) dan non PNS untuk mengikutinya.

"Program beasiswa ini telah ada semenjak tahun 2007 dan telah ratusan orang telah menjadi alumni dari kegiatan tersebut. Yang berbeda pada saat ini dari program tersebut yakni kegiatan ini dapat diikuti oleh pekerja dari PNS dan masyarakat umum atau non PNS," ujar Sekretaris Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Dra. Haryati, M.IKom usai mengikuti kegiatan sosiali tersebut di Hotel Mercure Padang pada Jumat, 14 Februari 2020.

baca juga: Humas Pemerintahan Didorong Ciptakan Konten Berkualitas

Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Bidang Komunikasi dan Informatika bertujuan untuk mencetak Government Public Relations dan Chief Information Officer untuk mendukung pelaksanaan e-government di instansi pemerintah pusat dan daerah. Sejak tahun 2019, Kemkominfo mulai membuka Program Beasiswa S2 Bidang Komunikasi dan Informatika ini untuk masyarakat umum. Ia berharap dengan terbukanya Program Beasiswa ini bagi masyarakat umum, dapat mendukung peningkatan mutu dan daya saing professional bidang kehumasan dan Chief Information Officer (CIO) di instansi swasta.

"Selain itu, kami juga berharap bahwa dengan adanya Program Beasiswa ini dapat mendorong pengembangan karir dan peningkatan daya saing masing-masing penerima beasiswa serta mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kecerdasan bangsa" katanya.

baca juga: Facebook dan Twitter Diminta Tanggung Jawab atas Konten Terorisme

Ia menjelaskan, sebelum melakukan pembukaan pendaftaran peserta, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Balitbang SDM Kemenkominfo) memang melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada target peserta dari kegiatan tersebut. Hal tersebut dilakukan guna menyebarkan informasi secara luas dan meningkatkan pengetahuan masyarakat luas terkait Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Kementerian Kominfo.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh 100 peserta yang berasal dari Aparatur Sipil Negara, wiraswasta dan karyawan swasta. Kegiatan Balitbang SDM Kemenkominfo itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, serta menghadirkan narasumber dari perwakilan Perguruan Tinggi Mitra Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Bidang Komunikasi dan Informatika.

baca juga: Empat Kelompok Masyarakat Ini Dinilai Jadi Sasaran Empuk Hoaks

Pada kesempatan itu, dihadirkan juga perwakilan Perguruan Tinggi mitra Program Beasiswa dan mendapatkan informasi dari pengelola beasiswa masing-masing perguruan tinggi yang memaparkan profil perguruan tinggi, kurikulum pendidikan magister, persyaratan dan prosedur penerimaan di Perguruan Tinggi. Perwakilan tersebut berasal dari Magister Ilmu Komunikasi Fisip USU, S2 Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Andalas, S2 Ilmu Komunikasi UGM, S2 Manajemen Keamanan Jaringan Informasi (MKJI) Fakultas Teknik UI, S2 ilmu Komunikasi UNS, Sekolah Tinggi Elektro dan Informatika ITB, Program PascaSarjana Teknik Elektro ITS dan Magister Teknologi Informasi UGM.

"Semoga dengan adanya perwakilan dari Perguruan Tinggi mitra Program Beasiswa semakin meningkatkan antusias peserta sosialisasi. Sehingga peserta dapat leluasa untuk bertanya demi memenuhi rasa ingin tahunya untuk mengikuti program ini," jelasnya. (*)

baca juga: Menkominfo Usulkan Tilang Elektronik Gunakan IoT

Editor: Khadijah