Sumber Panas Lantai Rumah Warga di Padang Akhirnya Terkuak, Ini Penjelasan Ahli Geologi

Warga Memasak Telur di Lantai Rumah yang Terasa Panas, Jumat (21/2/2020)
Warga Memasak Telur di Lantai Rumah yang Terasa Panas, Jumat (21/2/2020) (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Penyebab lantai panas disebuah rumah warga di Pasia Jambak, RT 3, RW 10, Kelurahan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang akhirnya terkuak. Penyebab panas disebabkan adanya aliran listrik di bagian bawah rumah tersebut.

Ahli Geologi dari Bidang Tanah dan Geologi, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar Dian Hadiansyah mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan langsung bersama Syaiful Bahri dari BPBD Kota Padang serta dibantu pihak PLN.

baca juga: Polisi Masih Dalami Kasus Penyegelan Rumah Wabup Solok

"Asumsi awal kita, di lokasi itu tidak mungkin ada muncul fenomena panas bumi, karena biasanya panas bumi muncul di dekat daerah gunung api atau jalur patahan Sumatera," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Sabtu (22/2/2020).

Hasilnya, lanjut Dian, panas tersebut berasal dari modifikasi terhadap instalasi listrik yang ada. "Modifikasi ini memicu kelebihan arus di daerah grounding, karena dialiri listrik dalam jangka waktu yang lama itulah yang menyebabkan sumber panas," ujarnya.

baca juga: Polres Dharmasraya Gagalkan Peredaran 20 Paket Sabu

Dian Hadiansyah yang juga pengurus daerah Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumbar menegaskan, tidak ada fenomena panas bumi di daerah Pasia Nan Tigo tersebut.

"Saya mengklarifikasi tidak ada fenomena panas bumi. Alhamdulillah asumsi awal saya benar," tuturnya.

baca juga: Nenek 75 Tahun Ditemukan Meninggal di Jalan Nipah Padang

Seperti diberitakan KLIKPOSITIF sebelumnya, warga Pasia Jambak, RT 3, RW 10, Kelurahan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang dihebohkan dengan lantai sebuah rumah yang panas. Panas tersebut sudah dirasakan penghuninya sejak sebulan terakhir.(*)

Editor: Muhammad Haikal