Rampas Sepeda Motor, Seorang Diduga Petugas Leasing Ditangkap Polisi Pasbar

Kanit Reskrim Polsek Pasaman, Aipda Don Akmal bersama Pelaku 'R'
Kanit Reskrim Polsek Pasaman, Aipda Don Akmal bersama Pelaku 'R' (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - R (43), diduga seorang karyawan eksternal salah satu leasing di Pasbar diamankan polisi, karena diduga mengambil paksa sepeda motor, dari seorang kreditur yang terlambat membayar angsuran.

Pelaku dilaporkan, telah mengambil paksa sepeda motor milik korban bernama Gebi Julio (22) warga Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ).

baca juga: Ambil Layang-layang Putus di Rumah Warga, Tukang Parkir Tersengat Listrik di Simpang Alai Padang

"Pelaku kita amankan setelah mendapatkan laporan, bahwa pelaku diduga mengambil paksa sepeda motor milik korban di depan sebuah bengkel, yang berada di Batang Toman, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman," sebut Kapolsek Pasaman, AKP Lija Nesmon, Sabtu (22/2/2020).

Ia mengatakan, pelaku saat melakukan aksi nya, sempat tarik menarik sepeda motor dengan korban di depan sebuah bengkel. Saat tarik menarik, korban jatuh bersama sepeda motor nya. Setelah itu, pelaku langsung membawa kabur sepeda motor milik korban," katanya.

baca juga: DPRD Pasbar Pertanyakan Penyusutan Area TPA yang Tinggal 2 Hektare

Peristiwa itu bermula, saat korban sedang berada di Simpang Empat, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, pada Jumat (21/2/2020) sekira pukul 09.15 WIB. Lalu, pelaku dan seorang temannya mendatangi korban. Pelaku mengaku dari leasing inisial MC, tapi tanpa memperlihatkan surat tugas dan surat resmi dari perusahaan leasing itu.

Kemudian, pelaku mengajak korban ke kantor lesing dengan menggunakan sepeda motor merk honda beat milik korban, dengan nopol BA 5856 SM. Kemudian korban dan pelaku berboncengan. Sedangkan teman pelaku mengiringi dari belakang.

baca juga: Nelayan Temukan Sesosok Mayat 1,5 Mil dari Bibir Pantai di Padang

Sesampai didepan kantor MC, korban mengatakan kepada pelaku, hendak ketempat kakak nya dulu ke arah Simpang Tiga. Namun, sesampainya di depan bengkel gendix motor Batang Toman, pelaku langsung mencabut paksa kunci kontak sepeda motor milik korban dari belakang.

Sehingga, terjadilah tarik menarik, yang berakibat korban jatuh bersama sepeda motornya. Setelah itu, pelaku langsung membawa kabur sepeda motor milik korban.

baca juga: Satu Lagi Bocah yang Terpeleset di Batang Anai Padang Pariaman Ditemukan Meninggal

"Petugas tidak butuh waktu lama melakukan pencarian, setelah menerima laporan dari masyarakat, pelaku bersama barang bukti dapat ditemukan dan langsung diamankan oleh unit Reskrim Polsek Pasaman," jelasnya.

Saat ini, pelaku dan barang bukti sudah diamankan di mako Polsek Pasaman, guna dilakukan proses hukum lebih lanjut. Atas perbuatan tersangka atas perkara pemerasan dan pengancaman, pelaku terjerat pasal 368 ayat (1) KUHP dengan ancaman pidana penjara 9 tahun.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri