Per Hari Ini ODP di Padang Capai 344

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani
Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Masuk hari ke-11, daftar Orang Dalam Pengawasan ( ODP ) di Kota Padang terus bertambah. "Hingga hari ini, daftar ODP di Kota Padang telah mencapai 344 orang. Bertambah sebanyak 113 orang dibanding kemarin," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang , Feri Mulyani, Rabu 18 Maret 2020.

Ia mengatakan, dari ratusan orang itu, puluhan diantaranya merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang . "Ada sekitar 30-an anggota DPRD Padang yang dalam pengawasan karena baru kembali dari daerah yang terjangkit virus Corona ini," katanya.

baca juga: Kontak Erat Dengan Pasien Positif Kluster Bank Nagari, 24 Warga Sutera Pessel Dikarantina

Menurutnya, pihaknya telah mengimbau ratusan ODP tersebut agar mengisolasi dirinya sendiri hingga batas waktu 14 hari setelah dinyatakan ODP . "Perlakuan untuk ODP ini semuanya sama. Kami tidak membedakan antara masyarakat dan anggota dewan," lanjutnya.

Meskipun begitu, anggota DPRD yang termasuk dalam daftar ODP tersebut diketahui masih melakukan kegiatan di tempat keramaian. "Kami sudah melakukan imbauan dan hanya itu yang bisa kami lakukan terhadap ODP ini," lanjutnya.

baca juga: Bukan Kelinci Percobaan, Pakar Sebut Ini Manfaat Uji Coba Vaksin COVID-19 di Indonesia

Ia berharap orang yang masuk dalam daftar ODP ini mengikuti prosedur yang ditentukan, yaitu dengan mengisolasi dirinya sendiri dan tidak mengunjungi lokasi keramaian.

"Yang kami khawatirkan, jika mereka positif nantinya akan menular kepada masyarakat banyak dan akan berpengaruh lebih luas," lanjutnya.

baca juga: Kementerian Koperasi dan UKM Janjikan Insentif UMKM Rp2,4 Juta, Cair Bulan Ini

Meskipun begitu, ia mengatakan bahwa,ratusan orang yang masuk dalam daftar ODP ini masih dalam keadaan sehat dan belum menunjukkan tanda-tanda terjangkit virus Corona .

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani