Kunjungi Pesantren Kapa, Bupati Pasbar: Sekolah Ini Sudah Lama Berdiri

Bupati Pasbar Yulianto sedang berbincang dengan Buya Lubuk Landur didampingi para Tokoh Adat Nagari Kapa
Bupati Pasbar Yulianto sedang berbincang dengan Buya Lubuk Landur didampingi para Tokoh Adat Nagari Kapa (Ist)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Bupati Pasaman Barat Yulianto sangat mendukung terhadap segala program pembangunan gedung sekolah yang ada didaerah itu. Baik itu sekolah negeri maupun dalam bentuk yayasan sekolah baru.

Hal itu disampaikan Yulianto saat menghadiri acara batagak kudo-kudo bangunan sekolah Madrasah Tsanawaiyah Swasta (MTsS) Darul Mursyidin Lubuk Sianok di Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, pada Senin (23/3/2020).

baca juga: KPU Pasbar Umumkan Jumlah DPS Sebanyak 259.329 Tersebar di 1.034 TPS

"Masih banyak di zaman sekarang ini lokasi sekolah jauh dari kediaman pelajar, sehingga anak-anak kita jauh untuk menuju sekolahnya sendiri," sebut Bupati Yulianto.

Ia juga sangat apresiasi terhadap MTsS Darul Mursyidin Lubuk Sianok, sebab sekolah ini sudah cukup lama berdiri untuk tempat generasi bangsa menuntut ilmu agama.

baca juga: Audy Sebut Sumbar Punya Potensi Jadi Lumbung Jagung Nasional, Pasbar Salah Satu Titiknya

"Saya telah kenal Pesantren ini sudah cukup lama berdiri dan saya berharap agar pesantren ini untuk terus meningkatkan ilmu pembelajaran keagamaan," katanya.

Bagi Yulianto, dimana pun sekolah para generasi bangsa tanpa diawasi oleh orang tua siswa itu sendiri, meski di pesantren sendiri ada juga yang lepas kontrol sehingga berbuat perilaku yang tidak baik seperti narkoba, miras, pergaulan bebas dan lainnya.

baca juga: 16 Paket Besar Ganja Kering Disita, Empat Pelaku Dibekuk di Pasbar

Untuk itu, peran orang tua sangat penting dan jangan selalu berpangku tangan terhadap guru, sedangkan peran guru ada batasnya dan hanya bisa menjaga serta mengawasi selama disekolah.

Disamping itu Yulianto menyebut, di tahun ini masih banyak bangunan sekolah yang masih terbengkalai, mulai dari sekolah tingkat dasar hingga sekolah tingkat atas. Semua bangunan itu butuh bantuan untuk melanjutkan bangunan yang terbengkalai.

baca juga: Seorang Warga Meninggal Dunia Dinyatakan Positif COVID di Pasbar

"InshaAllah, pemerintah akan memasukkan anggaran, untuk pembangunan beberapa lokal nanti, sehingga para generasi bangsa bisa lebih maksimal untuk belajar," sebut Yulianto.

Untuk itu ia mengajak, mari bersama-sama mendukung para generasi emas Pasaman Barat untuk tetap melanjutkan sekolah. Tentu nya dengan memberi motivasi, dukungan dan semangat terhadap pentingnya dunia pendidikan.

Sementara terkait tentang COVID-19, Yulianto meminta kewaspadaan terhadap anak-anak. Kata dia para anak, agar lebih mengutamakan di ruang atau di rumah dan mengurangi aktivitas di luar. Sebab, sistem imun anak masih rendah dan rentan terjangkit virus nantinya.

"Terima kasih kepada Kepala/Ketua MTsS ini, mari terus tingkatkan mutu sekolah ini sehingga dengan sendiri nya akan menghasilkan anak-anak yang pintar yang bisa di perlombakan di ajang provinsi maupun nasional nantinya," ucap Yulianto.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Pesantren Ustad Farhan Yasir, Kepala MA Nopi Erti, Kepala MTS Elfina, Kepala OPD, Kabag Kesra, Camat Luhak Nan Duo Ahmad Hanafi, Buya Lubuk Landur, Tokoh Adat Nagari Kapa dan guru pengajar serta para orang tua murid.

[Irfansyah Pasaribu]

Editor: Khadijah