PN Pasbar Luncurkan Program Ksatrio Sirancak, Ini Kemudahan untuk Masyarakat

Bupati Pasaman Barat, Yulianto dan Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat tanda tangani perjanjian kerjasama program Ksatrio Sirancak
Bupati Pasaman Barat, Yulianto dan Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat tanda tangani perjanjian kerjasama program Ksatrio Sirancak (Ist)

PASBAR, KLIKPOSITIF - Mudahkan masyarakat dalam pelayanan berbasis aplikasi, Pengadilan Negeri Pasaman Barat (Pasbar) Sumbar meluncurkan program pelayanan secara elektronik. Program itu dinamakan Ksatrio Sirancak.

Menurut Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat , Aries Sholeh Efendi menjelaskan, Ksatrio Sirancak adalah kerja sama pelayanan secara elektronik dengan menggunakan aplikasi Eraterang (surat keterangan elektronik), E Court (gugatan secara elektronik), Diva (Digital Virtual Asisten) dan SIAK.

baca juga: Wagub Sumbar Minta Diskominfo Sumbar Bangun Tower di Nagari Sikilang Pasbar

Ia mengatakan, program ini berdasarkan Perma nomor 1 tahun 2019 tentang persidangan secara elektronik, sehingga dibuat program secara elektronik untuk mempermudah masyarakat berurusan.

Lebih lanjut diterangkan, program pelayanan secara elektronik ini seperti mengajukan permohonan ganti nama, pengangkatan anak, dispensasi perkawinan, perbaikan kesalahan dalam akta kelahiran, pendaftaran perkawinan terlambat dan permohonan lainnya.

baca juga: PKS dan PDIP Bergandengan di Pilkada Pasbar, Ini Alasannya

Tentunya dengan adanya program tersebut, masyarakat tidak perlu lagi datang ke Pengadilan Negeri. Katanya, masyarakat cukup dengan datang ke kantor camat setempat, dengan membawa persyaratan permohonan, foto copy KTP suami istri, foto copy KK, foto copy akta nikah, nomor rekening, email yang aktif dan nomor handphone.

Kemudian, pihak kecamatan yang akan mengurusnya, lalu pemohon dipanggil secara elektronik dan sidang hari itu juga dengan penetapan dari produk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

baca juga: Pandemi Corona Membuat PMI Pasbar Krisis Stok Darah

Ia juga menjelaskan, untuk masyarakat yang ingin mengajukan surat keterangan pailit, surat keterangan tidak pernah terpidana, surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya dan lainnya tidak perlu datang ke pengadilan. Cukup hanya datang ke kantor camat dengan membawa persyaratan yang sudah ditetapkan.

Kemudian masyarakat yang ingin mendapatkan info tentang perkara jadwal sidang, sisa panjar perkara, tilang, info pejabat pengadilan, eraterang, ecourt, info gempa, info COVID- 19 cukup menggunakan nomor whatsapp 085281666652 atau messenger https://m.me/digitalasisten serta line https://t.me/@digitalasisten_bot, mesin akan menjawab secara otomatis apa yang diinginkan oleh masyarakat.

baca juga: Tiga Warga Pasbar Positif Corona, Satu Diantaranya Meninggal Dunia

Peluncuran program itu dilakukan melalui media teleconference dengan Pengadilan Tinggi Padang dengan Pengadilan Nageri Pasaman Barat , Bupati, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Disdukcapil.

Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Padang Yulman mengatakan Pengadilan Negeri Pasaman Barat merupakan pengadilan yang banyak inovasi saat ini.

"Pengadilan Tinggi memberikan apresiasi dan juga kami usulkan zona integritas ke Menpan RB. Mudah-mudahan dengan aplikasi ini masyarakat terbantu," katanya.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat Yulianto akan mendukung penuh kegiatan yang di motori oleh Pengadilan Negeri Pasaman Barat dan menyiapkan sarana dan prasarana terutama Dinas Dukcapil dan para Camat se- Kabupaten Pasaman Barat .

[Irfansyah Pasaribu]

Editor: Khadijah