Kapolda Sumbar: Kami Tangkap Siapa Saja Yang Berkumpul dan Membuat Keramaian

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Hermanto menegaskan, akan memproses hukum siapa saja warga Sumbar melakukan aktivitas dengan cara berkumpul.

"Kami sudah sosialisasikan beberapa hari ini dan kami akan tindak," ujarnya usai menghadiri videoconference dengan Presiden Jokowi.

baca juga: Agam Tambah 2 Pasien Positif COVID-19, Salah Satunya Dokter

Videoconference dilaksanakan diruang kerja Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Sekdaprov Sumbar Drs. Alwis dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Sumbar Erman Rahman, Selasa, 24 Maret 2020.

Dijelaskannya Kapolda, mereka yang tidak mematuhi akan sanksi hukum dengan tuntutan melawan petugas. Kemudian, mereka termasuk kategori tidak patuh terhadap undang-undang.

baca juga: Hari Ini Kabupaten Solok Tambah 7 Kasus Baru COVID-19, Rekor Terbanyak Selama Pandemi

"Sesuai dengan maklumat Kapolri kami akan tindak tegas. Kami sedang menegakkan aturan penyakit menular," tegasnya lagi.

Dijelaskannya, perkumpulan dimaksud berlaku kepada siapa saja termasuk pemerintah daerah, masyarakat yang melakukan kegiatan kerumunan.

baca juga: Cegah Penyebaran COVID-19, PT Pegadaian Lakukan Rapid Test Massal

"Kami sudah tidak lagi mengeluarkan izin keramaian. Jika masih ada juga keramaian itu termasuk yang tidak berizin dan langsung ditindak," ulasnya.

Selain itu, dilanjutkannya, petugas terus melakukan penyemprotan di tempat-temlat umum untuk mencegah penularan COVID-19.

baca juga: Pedagang Positif COVID-19, Total Kasus di Agam Capai 40

"Selain penindakan kita juga lakukan disinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus ini," ujarnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, pihaknya sudah tidak lagi melakukan rapat-rapat dalam jumlah banyak untuk mencegah penularan.

"Bahkan kita sudah rumahkan pegawai mulai hari ini," katanya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir