Masih Berinteraksi dengan Warga, ODP Dari Malaysia Ditegur Kapolsek Koto VII Sijunjung

Kapolsek Koto VII Iptu Yuliza Herman Saat Memberikan Pemahaman Kepada Warga Berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP)
Kapolsek Koto VII Iptu Yuliza Herman Saat Memberikan Pemahaman Kepada Warga Berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) (Screenshot video)

SIJUNJUNG , KLIKPOSITIF -- Video Kapolsek Koto VII, Polres Sijunjung yang menasehati seorang warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan ( ODP ) beredar luas di media sosial, terutama di kalangan masyarakat Kabupaten Sijunjung . Diketahui, warga yang dinasehati secara tegas oleh Kapolsek tersebut baru saja kembali dari negara tetangga yaitu Malaysia.

Kapolsek Koto VII Iptu Yuliza Herman mengatakan, sebelumnya ia sudah mengetahui keberadaan warga tersebut baru pulang dari Malaysia, untuk itu ia telah berkoordinasi dengan Wali Nagari untuk memantau agar tidak berinteraksi sementara waktu dengan warga lainnya.

baca juga: Sudah Satu Bulan Lebih Pessel Tanpa Kasus Baru COVID-19

"Namun saat itu, saya baru saja membagikan masker ke masyarakat di jalan raya, mendapat kabar, warga tersebut masih berinteraksi dengan warga lainnya dan duduk di warung. Saya lantas memintanya kembali ke rumah karena ditemuinya berkeliaran di luar rumah," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Kamis (9/4/2020).

"Namun dalam video tersebut terjadi sedikit perlawanan dari dia, karena yang bersangkutan merasa tidak apa-apa atau sakit. Terpaksa saya beri pemahaman dengan tegas," sambungnya.

baca juga: 5 Juli Warga Positif COVID-19 Sumbar Capai 775 orang, Jubir: 80,6 Persen Sudah Sembuh

Terpisah, Paur Humas Polres Sijunjung Iptu Nasrul Nurdin membenarkan kejadian tersebut, warga yang dinasehati tersebut berinisial N merupakan warga Pal XI Jorong Koto Tanjung, Nagari Tanjung Kecamatan Koto VII. Istrinya juga pulang bersama beliau.

Untuk kejadiannya, lanjut Nasrul, terjadi pada Senin (6/4/2020) lalu. N ini sudah diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah selama 14 hari, dan diminta melaporkan ke Bidan terdekat seandainya ada keluhan.

baca juga: Kementan Produksi Kalung Antivirus Corona, Said Didu: di Luar Akal Sehat

"Saat itu, seperti video yang viral itu dia sedang berada di luar rumahnya. Sempat marah untuk memintanya masuk kembali, tapi dia menjawab pula kalau keadaannya baik-baik saja," katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu sangat mengapresiasi tindakan Kapolsek Koto VII, Polres Sijunjung tersebut.

baca juga: PKB: Terlihat Pemerintah Gagap Tangani COVID-19

"Kepada Kapolsek Koto VII, Polres Sijunjung saya ucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas tindakan yang dilakukan dalam rangka menjalankan Maklumat Kapolri tentang penanganan COVID-19," katanya.(*)

Editor: Muhammad Haikal