Enam Warga Gantung Ciri Selamat dari Hadangan Tiga Ekor Harimau

ilustrasi
ilustrasi (net)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Enam orang warga Nagari Gantung Ciri, Kabupaten Solok dilaporkan terjebak di hutan lantaran dihadang sejumlah harimau , pada Kamis sore (14/5/2020).

Informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF , keenam warga tersebut dihadang oleh harimau di kawasan rimbo Singo-Singo, Jorong Baringin, Nagari Gantung Ciri. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Solok , Efriadi.

baca juga: Hindari Berita Hoax, Pemko Solok Ajak Masyarakat Bijak Sebarkan Informasi

Menurutnya, dari informasi warga, ada sekitar tiga ekor Harimau Sumatera yang berkeliaran di sekitar area ladang tempat warga bekerja. "Untuk menyelamatkan diri, empat orang warga yang dihadang harimau memanjat pohon dan dua lainnya berlindung dalam pondok ladang," terangnya.

Diketahui, keenam warga tersebut diantaranya Cimul (35), Alex (35), Yuh (37), Rulek atau Celuk (25), Hanif atau Dukun (30) dan Aipda Riko Saputra yang juga Kanit Buser Polres Solok .

baca juga: Jaga Lingkungan, TNI Gotong Royong Bersama di SMK 1 Koto Baru

Setelah sempat terjebak cukup lama, akhirnya warga tersebut berhasil dievakuasi jelang malam hari setelah adanya bantuan dari tim gabungan bersama masyarakat yang menghalau harimau ke arah hutan.

Kejadian bermula saat empat orang warga Gantung Ciri bekerja di ladang milik Aipda Riko Saputra yakni Alex, Rulek, Yuh, dan Cimul. Namun sekitar pukul 15.00 WIB, Alex menelpon orang tuanya dan mengatakan bahwa mereka dihadang harimau .

baca juga: Sutan Riska Harapkan Peranan Media Memberi Warna Baru Untuk Dharmasraya

Mendapat kabar tersebut, Aipda Riko Saputra berangkat ke lokasi ladang ditemani temannya Hanif Dukun untuk menjemput keempat warga tersebut. Riko sempat mencoba mengusir kawanan harimau dengan mercon. Namun tidak berhasil dan mereka ikut terjebak.

Tidak lama berselang, tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP dan Damkar, personel Polsek Kubung, Sabhara Polres Solok , Danramil Kubung dan masyarakat mendatangi lokasi dan berhasil mengusir harimau tersebut.

baca juga: Berawal dari Jalan Kebun Kopi, Puncak BRJ Jadi Destinasi Wisata dan Kuliner di Solsel

"Kita sudah menghubungi pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar untuk menghalau harimau kembali ke dalam hutan," tuturnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Ramadhani