5 Tradisi Lebaran Ini Masih Bisa Dilakukan Meski di Rumah Aja

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Sebagai negara Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki berbagai tradisi yang dilakukan saatIdulfitritiba.

Sayangnya, pandemi Covid-19 yang tengah dihadapi, membuat kita tak bisa merayakan Idulfitri seperti tahun-tahun sebelumnya.

baca juga: Kasus COVID-19 Terus Bertambah di Padang, Disdik Pastikan Belum Laksanakan PBM Tatap Muka

Meski begitu, bukan berarti kamu tak bisa merayakan hari Idulfitri dengan sukacita. Nah, berikut beberapatradisi Lebaranyang masih bisa kamu lakukan bersama keluarga, meski di rumah aja.

1. Menyantap ketupat dan hidangan Lebaran

baca juga: Ini Syarat Lengkap Pekerja Gaji Dibawah Rp5 Juta dapat Rp600 Ribu per Bulan dari Pemerintah

Deretan hidangan lebaran , seperti ketupat, opor, sambal goreng ati, hingga sayur labu menjadi makanan wajib saat Idulfitri tiba. Tradisi Lebaran satu ini tentu masih bisa kamu lakukan di rumah. Menyantapnya bersama keluarga membuat momen ini lebih spesial lagi.

2. Silaturahmi virtual

baca juga: 8 Orang Warga di Pessel Kembali Terpapar COVID-19, Semuanya dari Lengayang

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan di beberapa daerah tentu membuat kita tak lagi bisa menjalani tradisi saling mengunjungi untuk bersilatirahmi.

Tapi, karena kemajuan teknologi, kita masih tetap bisa saling menyapa dan saling memaafkan melalui video call atau atau video conference. Jadi, tetap bisa saling bersilaturahmi, kan?

baca juga: Ada 42 Penambahan Positif COVID-19 di Sumbar per 13 Agustus, Sampel dari 7 Kabupaten dan Kota

3. Bertukar hampers Lebaran

Sebagai pengganti pertemuan yang tertunda di tengah pandemi Covid-19, kamu bisa saling mengirimkan hampers Lebaran spesial untuk orang terdekat, baik keluarga, teman maupun kerabat.

Apalagi saat ini, hampers dihadirkan dengan lebih beragam, tak hanya berisi makanan kecil, tapi juga masakan matang, minuman segar, hingga set perlengkapan makan yang sangat berguna.

4. Pemotretan virtual

Idul Fitri identik dengan foto keluarga. Meski tak bisa saling bertemu di tengah pandemi, sekarang kamu bisa melakukan pemotretan dengan anggota keluarga secara virtual, melalui panggilan video.

Pemotretan virtual adalah peluang bagimu untuk berkreasi dengan apa pun yang bisa kamu dapatkan di rumah. Kemudian, edit foto untuk mendapatkan tampilan profesional.

5. Menghias rumah dengan dekorasi Idulfitri

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan rasa sukacita saat Idulfitri ialah dengan menghias rumahmu dengan tampilan yang meriah. Kamu bisa mendekorasi rumah dengan pernak-pernik Lebaran seperti hiasan ketupat, lampu kerlap kerlip, hingga balon dengan tulisan Idulfitri.

Jangan lupa, untuk menambah kemeriahan dengan memutar lagu religi yang menyejukkan hati saatIdulfitri di rumah aja.

Editor: Eko Fajri