Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Tanah Datar, Polda Sumbar: Ditangkapnya di Solo

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu (Screenshot video)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu membenarkan, tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris berinisial REP alias AY di Jorong Koto Gadih, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar - Sumbar. Penggeledahan rumah tersebut dilakukan pada Kamis (21/5/2020) lalu.

"Proses penangkapannya di Solo, Jawa Tengah, namun karena yang bersangkutan warga Lima Kaum, Tanah Datar, kemudian dilakukan penggeledahan rumahnya," kata Satake di Mapolda Sumbar, Sabtu (23/4/2020).

baca juga: Bupati Agam Indra Catri Bantah Tuduhan ES Dibalik Postingan Akun FB Mar Yanto

Satake melanjutkan, REP alias AY diduga terlibat jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) dan telah ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Penggeledahan dilantai atas kamar kostnya tidak terdapat barang yang diamankan karena kamar dalam kondisi kosong tidak berpenghuni.

"Sementara itu, barang bukti yang diamankan dari dalam kamar di Kabupaten Tanah Datar berupa buku-buku tentang jihad dua kantong plastik warna hitam miliknya," ujarnya.

baca juga: Permohonan Penangguhan Penahanan Tak Digubris Hingga Meninggal, Tim PH Lehar Adukan Dua Penyidik Polda Sumbar ke Divpropam Polri

Satake melanjutkan, sebagai warga pendatang, REP tidak pernah bergaul dengan masyarakat dan masih pengangguran.

"Untuk rencana aksinya masih dalam penyelidikan. Saat ini REP sedang menjalani pemeriksaan lanjutan di Brimob Polda Jateng," tuturnya.

baca juga: Usia Lanjut dan Miliki Riwayat Medis Jadi Alasan Upaya Penangguhan Penahanan Lehar, PH: Namun Tak Digubris

Editor: Muhammad Haikal