Warga Tiku Positif COVID-19 Tanpa Gejala Sempat Shalat Ied di Masjid, 58 Orang Tes Swab

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF --Seorang pemuda asal Kecamatan Tiku, Agam -Sumbar dinyatakan positif COVID-19 setelah hasil swabnya keluar baru-baru ini.

Camat Tiku Hidayatul Taufik menyebut, pria berusia sekitar 20 tahunan itu terpapar dari Pasar Raya Padang , dan kejadian ini merupakan kasus pertama di wilayah pesisir Agam itu.

baca juga: Sudah Satu Bulan Lebih Pessel Tanpa Kasus Baru COVID-19

"Ia, ada warga kita positif. Kita sudah melakukan tracking terhadap orang yang diduga kontak. Sejauh ini sudah banyak orang kita swab terkait ini,"ucap Hidayatul, Selasa 26 Mei 2020.

Awalnya, kata Hidayatul, pemuda ini ikut tes swab di Pasar Raya Padang pada Rabu 20 Mei 2020. Ia bekerja membantu kakaknya berjualan di sana.

baca juga: 5 Juli Warga Positif COVID-19 Sumbar Capai 775 orang, Jubir: 80,6 Persen Sudah Sembuh

Namun karena minimnya pengetahuan soal virus corona , ia pulang kampung ke Tiku Sabtu kemarin alih-alih mengisolasi diri. Ironisnya, hasil swab kakaknya malah negatif COVID-19.

"Ia pulang ke rumah, sempat Shalat Ied di Masjid dan kemudian hasil swabnya keluar positif. Ia tidak tahu, saya sudah tanya yang bersangkutan, jika ia tahu mengidap virus corona , maka ia tak akan pulang katanya,"ucap Camat.

baca juga: Jumlah Kasus Terus Bertambah, Pasien Covid-19 Capai 11 Juta Lebih

Hidayatul mengatakan, sementara ini sudah 58 orang yang diambil swabnya dan belum diketahui hasilnya.

"Dari Masjid, sudah 58 orang melaporkan diri dan diambil swabnya. Insya Allah Kamis mendatang sudah keluar, dan akan kita rilis hasilnya,"ungkap Mantan Camat Ampek Angkek ini.

baca juga: Soal Kalung Antivirus Corona, Kementan Sebut Itu Hasil Penelitian 10 Tahun

Kendati positif, pemuda ini dikategorikan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) karena tak memiliki keluhan mengenai COVID-19 dan sudah isolasi di Bapelkes Padang .

Dengan bertambahnya 1 kasus, maka total pasien di Agam mencapai 18 namun sebagian besar dinyatakan sudah pulih.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Eko Fajri