Kondisi Terkini Longsor di Batipuh Selatan Tanah Datar

Alat berat sedang membersihkan material longsor di Kecamatan Batipuh Selatan Tanah Datar
Alat berat sedang membersihkan material longsor di Kecamatan Batipuh Selatan Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tanah Datar dibantu personil BPBD, anggota Polri, TNI, dan warga sekitar melakukan pembersihan material longsor yang menutupi jalan di Kandang Itiak, Jorong Kubu Gadang, Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Tanah Datar .

Jalan umum yang menghubungkan Kabupaten Solok dengan Kota Padang Panjang tersebut tidak bisa dilalui kendaraan sejak Rabu malam 3 Juni 2020 sampai saat ini akibat longsor .

baca juga: Pesepeda MTB Van der Cappelen Akan Jajal Rute Gowes Bareng Kampungku Indah Batipuh Tanah Datar

"Kendaraan bisa melewati jalan alternatif dan mudah-mudahan pembersihan material longsor dapat segera diselesaikan," ucap Camat Batipuh Selatan Herru Rachman, Kamis 4 Juni 2020.

Ia menyebut akibat longsor tersebut telah menutup akses jalan sepanjang 30 meter dengan ketinggian material mencapai 100 sentimeter. Tim penanggulangan longsor tengah berjibaku membersihkan material longsor .

baca juga: Pemerintah Resmi Pungut Pajak Layanan Digital, Diterapkan Mulai Agustus

Herru menyampaikan hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Batipuh Selatan sejak tadi malam mengakibatkan terjadinya longsor yang mengakibatkan lima rumah warga dan satu musala mengalami kerusakan, dan dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa atau terluka.

Ia merinci lima rumah warga yang mengalami kerusakan dan sudah diungsikan itu adalah Nofriadi umur 50 tahun, sopir, rusak pekararangan rumah, M. Nur (Mak Inua), umur 65 tahun, petani, rumah rusak berat, Syafril, umur 65 tahun, petani, rumah rusak ringan, Ermawati, umur 54 tahun, ibu rumah tangga, dapur rumah rusak, dan Zurni, umur 50 tahun, petani, rumah usak ringan, serta Musala Al Kausar mengalami rusak ringan.(*)

baca juga: Imunitas Bisa Dipengaruhi oleh Depresi

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri