Bupati Lima Puluh Kota Canangkan Era Kenormalan Baru di Lima Puluh Kota.

Bupati Irfendi Arbi bersama Dandim 0306/50 Kota usai Apel Gabungan
Bupati Irfendi Arbi bersama Dandim 0306/50 Kota usai Apel Gabungan (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA, KLIKPOSITIF -

Pasca pelaksanaan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan berakhir 7 Juni 2020 mendatang, Kabupaten Lima Puluh Kota siap menyongsong Era Normal Baru. Hal ini disampaikan oleh Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi saat menjadi Irup Apel Gabungan Dalam Kesiap Siagaan untuk Pendisplinan Protokol Kesehatan di Pasar Sarilamak, Sabtu 6 Juni 2020.

Bupati Irfendi Arbi mengatakan untuk memastikan kesiapan seluruh pemangku kepentingan dalam menegakan disiplin Protokol Kesehatan di Limapuluh Kota dalam menyongsong kenormalan baru. Salah satu fokus yang akan dituju adalah kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari baik keluarga maupun hubungan sosial dengan masyarakat lainnya.

baca juga: UAS ke Bukittinggi Dua Hari, Catat Jadwalnya

"Mengingat aktifitas perekonomian nantinya juga sudah mulai dibuka kembali maka diperlukannya kesadaran dan keikhlasan masyarakat untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan saat beraktifitas di lapangan," katanya.

Ia menjelaskan dengan telah dilaksanakannya new normal nantinya, berbagai bidang kehidupan masyarakat seperti pembukaan tempat ibadah, pasar, tempat wisata dan aktifitas ekonomi lainnya akan aktif lagi. Namun sesusai dengan anjuran yang ditetapkan pemerintah, diharapkan dengan pelaksanaan New Normal ini kehidupan masyarakat dan perekonomian akan berangsur pulih kembali.

baca juga: Dishub Padang Minta Masyarakat Laporkan Jika Melihat Ada Petugas Mereka Kerja Malam Hari, Ada Apa?

"Terimakasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah gigih mengedukasi dan mensosialisasikan masyarakat untuk patuh terhadap Protokol Kesehatan . Semoga warga akan patuh terhadap protokol kesehatan dan mari kita jalankan tugas mulia ini dengan sabar dan disiplin," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0306-50 Kota Letkol Kav. Ferry Lahe menambahkan saat berada dalam pasar ia merasa bangga atas kesadaran masyarakat yang telah menjaga kedisiplinannya menjalankan protokol kesehatan . Ia berharap hal tersebut dapat dipertahankan hingga nantinya kehidupan ini dapat kembali berjalan seperti biasa.

baca juga: Kasus COVID-19 Terus Bertambah di Padang, Disdik Pastikan Belum Laksanakan PBM Tatap Muka

"Alhamdulillah, lebih kurang 95% pedagang dan pengunjung pasar di daerah kita telah memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan lainnya, ini merupakan awal yang baik untuk menegakan era Kenormalan baru didaerah kita," kata Dandim 0306/50 Kota.

Secara terpisah, Wali nagari Sarilmak Olly Wijaya mengaku senang atas adanya kegiatan ini. Sebab menurutnya kegiatan tersebut telah membantu Pemerintahan Nagari Sarilamak dalam mendidik masyarakat untuk sadar dan patuh terhadap protokol kesehatan khususnya untuk pedagang dan pengunjung pasar Sarilamak.

baca juga: 92 Kabupaten/Kota Terancam Sanksi Kemenkeu Jika Tak Perbaharui Data Kemiskinan

"Kegiatan ini sangat positif bagi kita semua, terutama kepada masyarakat kita di Limapuluh Kota . Selain mengedukasi masyarakat, kita juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan di tengah menghadapi pandemi ini," ujarnya.

Dalam Apel gabungan yang diselenggarakan oleh Polres Limapuluh Kota ini juga dihadiri Kapolres AKBP Sri Wibowo dan seluruh unsur Forkompinda Limapuluh Kota , Pengurus MUI, TNI-Polri, Satpolpp, BPBD, Damkar, Camat Harau, Wali Nagari Sarilamak, serta Tokoh masyarakat.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri