Pemerintah Buka Sekolah di Zona Hijau, Menkes: Jika Ada Kasus Positif Tutup Lagi

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pemerintah bersiap kembali membuka sekolah yang berada di zona hijau. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan sekolah akan kembali ditutup jika ada kasus positif Covid-19.

Terawan menjelaskan Pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah apabila ada kasus positif Covid-19 di tengah lingkungan sekolah .

baca juga: 2020 Kecelakaan Lalulintas di Padang Pariaman Masih Tinggi, Polisi Catat 349 orang Jadi Korban

Pertama, pihak puskesmas dan dinas kesehatan tingkat kabupaten/kota akan langsung berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk menjaga agar tidak ada penyebaran virus lebih lanjut. Setelah itu, kegiatan belajar mengajar pun akan dihentikan alias sekolahnya akan ditutup.

"Aktivitas sekolah akan dihentikan dulu sementara," kata Terawan dalam paparannya yang disiarkan langsung YouTube Kemendikbud, dilansir dari Suara.com. Selasa, 16 Juni 2020.

baca juga: 142 Ribu Lebih Napi akan Terima Remisi Kemerdekaan Pada 17 Agustus

Pasca penutupan sekolah secara sementara itu, pihaknya akan melakukan tracing untuk menelusuri penelusuran dari pasien yang dinyatakan positif Covid-19 baik di lingkungan sekolah ataupun lingkungan yang bersangkutan lainnya.

Untuk keberlangsungan sekolah berikutnya, bisa mengikuti prosedur tata kelola yang sudah diterapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

baca juga: Diberi Bintang Tanda Jasa, Fahri Hamzah: Saya Akan Terus Mengkritik

Dalam hal ini, pihaknya akan terus memantau sekolah tersebut apakah sudah benar-benar bersih dari penularan Covid-19 atau belum agar bisa membuka sekolah kembali.

"Bisa dibuka sehingga pendidikan bisa berjalan lancar namun keselamatan dan kesehatan para murid menjadi prioritas utama kami," ujarnya.

baca juga: Syarat Pilkada, Legislator Usul Anggota Parlemen Tidak Perlu Mundur

Editor: Ramadhani