Pengamat Pendidikan : PPDB Online Error, Sekolah Perlu Buka Pos Pengaduan

Pengamat pendidikan Sumatera Barat (Sumbar) Dr. Muhammad Kosim, MA
Pengamat pendidikan Sumatera Barat (Sumbar) Dr. Muhammad Kosim, MA (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pengamat pendidikan Sumatera Barat (Sumbar) Dr. Muhammad Kosim, MA menyarankan agar Dinas Pendidikan membuka posko siaga di masing-masing sekolah untuk mengatasi kepanikan dan persoalan siswa yang tidak bisa mengakses website Pendaftaran online Peserta Didik baru ( PPDB ) SMA/SMK.

Hal tersebut disampaikan karena terjadinya kendala dalam proses pendaftaran secara online calon siswa SMA/SMK di website ppdbsumbar2020.id yang terjadi sejak kemarin. Dia mengakui salah satu kelemahan pendaftaran secara online adalah jaringan, karena tidak semua daerah di Sumbar mendapatkan sinyal internet yang kuat.

baca juga: Kasus COVID-19 Terus Bertambah di Padang, Disdik Pastikan Belum Laksanakan PBM Tatap Muka

"Apalagi saat bersamaan semuanya membuka website tersebut kan, makanya error. Tapi kalau kelamaan takutnya mengganggu dan menyulitkan siswa," ujarnya, Senin (22/6)

Namun begitu, menurut dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang ini, tidak ada salahnya membuka satu pos di masing-masing sekolah untuk menangani persoalan siswa saat mendaftar secara online.

baca juga: Sekolah Daring Berpotensi Bikin Mata Anak Minus, Ayo Deteksi

"Itu menjadi PR bagi pemerintah juga kan. Kita tidak bisa menolak sistim yang ada, apalagi yang sudah digariskan dari pusat, tapi kita bisa memberikan kemudahan dengan opsi lainnya," sambungnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang wali murid, Masna (56 tahun) menurutnya harus ada dibuka satu pos pengaduan bagi siswa agar memudahkan dalam mendaftar secara online.

baca juga: Besok, Proses Belajar Tatap Muka di Pariaman Dimulai

"Apalagi saat terjadi error seperti ini, meraka panik takut tidak dapat terdaftar di sekolah tujuannya. Sekarang kan sistim zona, sementara sekolah yang lumayan bagus guru-guru dan sistim mengajarnya di dekat ini cuma ada satu," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Sejumlah siswa mengeluhkan website ppdbsumbar2020.id yang menjadi wadah untuk pendaftaran siswa SMA/SMK secara online tidak bisa diakses karena error.

baca juga: Pemerintah Izinkan Sekolah Dibuka Lagi, Komnas PA Minta Cabut Keputusan Itu

KLIKPOSITIF kembali mencoba mengakses website PPDB Online 2020 Sumbar tersebut beberapa kali, namun website itu masih belum dapat diakses, serta mendapat respon Error 522 (Connection timed out). (*)

Editor: Joni Abdul Kasir