Defenisi Zona Hijau Kemendikbud Direvisi, Gubernur Sumbar: Kami Tunggu Surat Resmi dan Baru Ditetapkan Kapan Sekolah Dibuka

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan sudah melayangkan protes ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan soal defenisi zona hijau.

"Sudah. Saya nanya ke ketua gugus tugas nasional dan sudah dapat jawaban WhatsApp dari pak Doni Monardo soal zona hijau ini," katanya, Rabu, 24 Juni 2020.

baca juga: Hasil Tracing Pasien Positif Corona di Pasbar, 58 Warga Sungai Aur Test Swab

Disampaikan Irwan, sesuai keterangan Ketua Gugus Tugas Nasional tersebut, untuk defenisi zona hijau ada tambahan diantaranya tidak hanya bebas COVID-19 atau nihil kasus tetapi juga angka kematian dan kesembuhan serta tidak ada lagi yang positif di suatu daerah.

"Sesuai defenisi baru ini banyak kabupaten dan kota di Sumbar yang bisa membuka kembali sekolah . Tapi saya masih menunggu surat resmi dari Kemdikbud," jelasnya.

baca juga: Bertambah Dua Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Total Jadi 38

Dia mengaku, menyerahkan revisi zona hijau tersebut kepada gugus tugas nasional. Sebab gugus tugas nasional bekerja sama dengan kementerian menggodok defenisi tersebut.

"Kami serahkan kepada gugus tugas nasional. Nanti, setalah ada surat resmi baru kami tetapkan kapan mulai membuka sekolah kembali," ujarnya.

baca juga: Kabar Baik, 2 Pasien Sembuh di RSAM Hari Ini

Sebelumnya, sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud ), sekolah hanya dibuka di daerah zona hijau. Pasalnya, menurut aturan Kemendikbud , zona hijau yang dimaksud adalah daerah yang sama sekali tidak pernah mencatatkan kasus positif Covid-19.

Jika diterapkanya daerah zona hijau di Sumbar, tentunya tidak ada sekolah yang bisa buka kembali. Karena di Sumbar, sudah seluruh daerah di provinsi itu yang mencatatkan kasus positif. Namun sudah ada yang sembuh dan nol kasus.

baca juga: Kasus Covid-19 di Padang Meningkat, Satpo PP Turun ke Jalan

Hingga hari ini ada beberapa daerah yang nol kasus seperti Kabupaten Agam, Sijunjung, Pesisir Selatan, Limopuluah Kota, Mentawai, Solok, Kota Pariaman, Payakumbuh, Bukittinggi dan Padang Panjang. Sementara kabupaten kota kota lain masih ada kasus positif. Data ini bisa berganti jika ada daerah yang mencatatkan kasus positif. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir