PPDB Kembali Diundur, Akun Instagram Disdik Sumbar 'Diserang' Warga Net

Tangkapan layar akun @disdik_sumbar
Tangkapan layar akun @disdik_sumbar (Ade Suhendra)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar kembali melakukan revisi terkait perubahan jadwal PPDB 2020. Hal ini diketahui lewat postingan di akun instagram @disdik_sumbar yang memiliki pengikut sebanyak 10.5K.

Dalam unggahan tersebut, admin akun @disdik_sumbar menginformasikan jadwal PPDB 2020 yang seharusnya dibuka pukul 10.00 WIB tanggal 25 Juni 2020 hari ini, tapi PPDB 2020 diundur hingga 29 Juni 2020. Akun resmi Disdik Provinsi Sumbar tersebut berharap diundurnya jadwal PPDB 2020 ini dapat membuat langkah memperbaiki sistem dalam website PPDB .

baca juga: Kasus COVID-19 Terus Bertambah di Padang, Disdik Pastikan Belum Laksanakan PBM Tatap Muka

Namun, ternyata harapan tersebut bertolak belakang dari harapan yang diinginkan Disdik Sumbar. Sebab menurut pantauan KLIKPOSITIF unggahan tersebut dan beberapa unggahan sebelumnya terkait pengunduran jadwal PPDB mendapat 'serangan' berupa komentar pedas dan lucu dari warga net yang umumnya didominasi oleh pelajar yang akan mendaftar atau melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan SMA dan SMK.

"Pak PHP taruih semah, Awak se ndak pernah sampai mode ko bana di PHP an jo urang doh. Masa Apak yang partamo, awak rindu sekolah, Pak,"tulis pemilik akun @angelinaaa_ii mengomentari.

baca juga: Sekolah Daring Berpotensi Bikin Mata Anak Minus, Ayo Deteksi

Kemudian hal unik lainnya yang dikomentari warga net adalah lahir dari akun @dindaas12_ yang menandai beberapa orang temannya. Ia mengatakan kalau dia akan percaya apapun yang dikatakan oleh Disdik meskipun itu berbohong.

"Kamu berbohong aku pun percaya, Kamu lukai ku (tak) peduli, coba kau pikir, dimana ada cinta seperti ini @_culan @zahraakh16 @wrdhfz1310 @nasywashila_7," tulisnya.

baca juga: Besok, Proses Belajar Tatap Muka di Pariaman Dimulai

Sementara itu, salah satu sumber pihak sekolah yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan pihaknya terus didesak oleh orangtua dan calon peserta didik baru yang akan masuk sekolah. Hal ini disampaikannya mengingat pengunduran PPDB 2020 yang dilakukan oleh Disdik Provinsi Sumbar dan adanya beberapa kendala yang dialami saat melakukan pendaftaran.

"Kami terus mendapat desakan oleh orangtua dan mereka mengatakan kalau sebaiknya PPDB dilakukan secara offline kalau tidak sanggup untuk melakukan online seperti ini. Kami pihak sekolah berharap pihak provinsi segera melakukan perbaikan sehingga proses PPDB 2020 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

baca juga: Pemerintah Izinkan Sekolah Dibuka Lagi, Komnas PA Minta Cabut Keputusan Itu

Secara terpisah, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melalui Dinas Pendidikan memperpanjang masa pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) SMA SMK hingga 28 Juni 2020. Kabid SMA Disdik Sumbar sekaligus Ketua PPDB SMA SMK dan SLB Suryanto mengatakan, perpanjangan jadwal dilakukan karena website untuk siswa masuk sekolah menengah sederajat itu tidak bisa diakses sejak dibuka pendaftaran 22 Juni.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi