Pagi Tadi, Dua Unit Rumah Terbakar di Balai Nan Duo

Warga melihat kondisi rumah terbakar di Kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo, Kecamatan Payakumbuh Barat
Warga melihat kondisi rumah terbakar di Kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo, Kecamatan Payakumbuh Barat (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Dua unit rumah terbakar di Kelurahan Padang Tangah, RT 05 RW 01 Balai Nan Duo, Kecamatan Payakumbuh Barat, Selasa 30 Juni 2020 dinihari.

Era Yanti (40 tahun), salah seorang penghuni rumah mengatakan kejadian berlangsung sangat cepat. Kobaran api dengan cepat menghanguskan rumah yang dihuni 2 KK dan terdiri dari sebanyak 6 orang ini.

"Kejadian sekitar pukul 03.25 WIB saat anak saya Suci (23 tahun) ke sumur. Ia melihat kobaran api di atas atap rumah dan segera melaporkan kepada suaminya. Tapi api tersebut dengan cepat menyambar dan membakar bagian belakang rumah," kata Era saat ditemui KLIKPOSITIF usai kebakaran .

baca juga: Bawa Sabu, Seorang Pria Ditangkap di Depan Mapolres Pariaman

Ia menjelaskan saat api pertama kali membakar, juga membuat kompor gas meledak di dapur. Namun beruntung jelang si jago merah menghabiskan rumah papan tersebut, penghuni rumah bergegas menyelamatkan diri dari kobaran api.

"Selain menyelamatkan diri, beruntung 2 unit motor di masing-masing rumah berhasil diselamatkan. Sedangkan barang-barang yang lain, habis terbakar dan tidak bisa diselamatkan," ujar Era.

baca juga: Proses Verifikasi Faktual Pilkada di Pessel Berjalan Lancar

Selain dirinya, beberapa penghuni rumah lainnya yaitu Nel Nazmi (67 tahun) yang merupakan pemilik rumah dan ibunya. Kemudian Eka Putra (24 tahun), Suci (23 tahun), Ibnu Rasyil (15 tahun), dan Aqila Eka Sari (2,5 tahun).

"Dalam kejadian ini kami juga bersyukur karena tidak ada korban jiwa. Sebab ada cucu Saya yang tertidur pulas di atas kasur dan beruntung segera diselamatkan oleh ibunya Suci," katanya.

baca juga: Pantai SUTA Kampung Pandan, Objek Wisata 90-an yang Kini Hadir Kembali

Ia berterimakasih kepada Damkar yang dengan cepat merespon informasi kebakaran ini. Meskipun menghanguskan seluruh rumah, tapi memang diakuinya bahwa agak terlambat memberikan Informasi kepada Damkar.

"Untung Damkar cepat datang, kalau tidak mungkin juga menghanguskan rumah tetangga yang sudah dijilat api dan membakar sedikit dinding rumah warga," katanya.

baca juga: Pemko Padang Targetkan Pertumbuham Ekonomi Tak Minus

Sementara itu, Kasatpol PP & Damkar Devitra didampingi Kabid Damkar Budi Kurniawan mengatakan pihaknya turunkan 2 unit kendaraan dan dibantu 3 kendaraan dari Kabupaten Lima Puluh Kota. Ia berharap warga dapat berhati-hati agar tidak terjadi kebakaran .

"Mari hindari potensi adanya kebakaran dan segera laporkan kepada kami melalui nomor telepon (0752) 92913 apabila terjadi kebakaran . Hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran ini karena menurut info warga saat awal kebakaran lampu tetap hidup dan tidak mati," katanya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani