PGA: Marapi Tak Terpengaruh Gempa Tadi Malam

Gunung Marapi
Gunung Marapi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF --Pos Pengamat Gunungapi (PGA) Marapi di Belakang Balok Bukittinggi mengatakan belum ada peningkatan aktivitas Gunung Marapi pasca gempa tadi malam.

Seperti dilansir BMKG, Gempa terjadi dinihari tadi, pukul 00.40 WIB, Selasa 30 Juni 2020 dengan kekuatan 4,5 skala richter dan berpusat pada koordinat 0.40 LS dan 100.42 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 kilometer arah Timur Laut Padang Panjang, Sumatera Barat pada kedalaman 10 kilometer.

baca juga: Proses Verifikasi Faktual Pilkada di Pessel Berjalan Lancar

Pusat gempa diperkirakan berada di sekitaran Batipuah, yang notabenenya berlokasi dekat Gunung Marapi . "Aktivitas Marapi saat ini masih waspada level II, sejauh ini belum ada peningkatan. Pasca gempa tektonik tadi malam, tak muncul adanya gempa vulkanik dangkal atau dalam di Marapi ,"kata Ketua Pos PGA Marapi Teguh Purnomo.

Ia mengatakan, dengan tak tercatatnya gempa vulkanik di Marapi pasca gempa, hal ini mengindikasikan tak ada pengaruh dari gempa tersebut terhadap aktivitas gunung.

baca juga: Pantai SUTA Kampung Pandan, Objek Wisata 90-an yang Kini Hadir Kembali

"Kepada masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan hindari informasi hoaks. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi PGA Marapi di Bukittinggi,"kata Teguh.

Gunung Marapi yang punya tinggi 2891 meter di atas permukaan laut itu, menyandang status Waspada sejak Agustus 2011. PGA merekomendasikan masyarakat atau para pendaki tidak mendekati areal 3 kilometer dari kawah.

baca juga: Pemko Padang Targetkan Pertumbuham Ekonomi Tak Minus

Sementara, gempa tadi malam merupakan gempa yang terjadi akibat aktivitas Sesar Sianok. Getaran gempa dirasakan di Bukittinggi, Agam , Padang Panjang, Padang, Padang Pariaman dan Pariaman.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Ramadhani