Satpol PP Padang Tertibkan PKL di Trotoar

Personel Satpol PP Padang membuka plang iklan yang diletakkan di atas trotoar
Personel Satpol PP Padang membuka plang iklan yang diletakkan di atas trotoar (Satpol PP Padang)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang mensterilkan beberapa titik trotoar yang ada di kawasan Kota Padang dari Pedagang Kaki Lima ( PKL ), Selasa 30 Juni 2020.

Penertiban itu dilakukan sebagai bentuk tindakan dari banyaknya laporan masyarakat yang mengeluhkan kondisi trotoar yang sudah bagus dan masih diisi oleh PKL .

baca juga: Proyek Pendistrian Dimulai, Puluhan PKL Dipindahkan ke Bawah Kanopi Pasar Payakumbuh

Kasatpol PP Padang , Alfiadi mengatakan, ada beberapa lokasi-l yang ditertibkan. Yaitu Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Veteran, Jalan Jati, Jalan Sawahan dan Jalan Proklamasi.

"Hasilnya hampir rata-rata seluruh trotoar di gunakan untuk parkir kendaraan roda empat hingga roda dua serta belasan PKL yang kami imbau agar tidak menggunakan dan menyalahi fungsi trotoar," katanya.

baca juga: Kasus Covid-19 di Padang Meningkat, Satpo PP Turun ke Jalan

Selama penertiban berlangsung, tidak ada gesekan yang terjadi antara petugas Satpol PP dengan para pedagang dan pengendara.

"Untuk sementara kita hanya melakukan teguran secara persuasif serta dan humanis kepada masyarakat yang melanggar, belum ada tindakan tegas yang kami berikan," lanjutnya.

baca juga: 2020 Kecelakaan Lalulintas di Padang Pariaman Masih Tinggi, Polisi Catat 349 orang Jadi Korban

Menurutnya, ke depan jika masih melakukan pelanggaran, masyarakat yang sudah diberikan peringatan akan diberikan tindakan tegas.

"Kita akan laksanakan penertiban bersama tim gabungan seperti Dishub, Kepolisian dan TNI sebagai tiga pilar dalam menjaga ketertiban daerah ," lanjutnya.

baca juga: Pemda Pariaman Kembali Kibarkan Bendera dan Upacara HUT RI di Dalam Laut

Ia berharap, di trotoar yang sudah diperbaiki oleh Pemerintah Daerah tersebut tidak lagi digunakan oleh PKL meupun untuk parkir kendaraan, sehingga trotoar bisa kembali pada fungsi semula untuk pejalan kaki.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri