TMMD di Tanah Datar Dimulai, Ini Sasaran yang Akan Dicapai

Pembukaan TMMD ke-108 Tanah Datar di Gazebo Indo Jolito Batusangkar
Pembukaan TMMD ke-108 Tanah Datar di Gazebo Indo Jolito Batusangkar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa ( TMMD ) ke-108 di Kabupaten Tanah Datar telah dimulai hingga 29 Juli 2020. TMMD digelar untuk memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat, juga membantu pemkab menyejahterakan masyarakat.

" TMMD yang dilaksanakan di Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, dengan sasaran yang ingin dicapai seperti pembukaan jalan baru dan pengerasan jalan sepanjang 2.800 meter dengan lebar 6 meter," ucap Komandan Kodim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Edi Sugianto Harahap saat pembukaan TMMD di Gazebo Indo Jolito Batusangkar, Selasa 30 Juni 2020.

baca juga: 11 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Total Jadi 36

Dandim menyebut selain itu juga ada kegiatan penyuluhan tentang COVID-19, sosialisasi penegakan disiplin protokol kesehatan, penyuluhan hukum dan narkoba, pendidikan bela negara, wawasan kebangsaan serta penyuluhan pertanian dan perikanan.

Sedangkan untuk jadwal kegiatan, jelas Dandim, pra TMMD sudah dilaksanakan sejak 7 - 29 Juni 2020. Dalam TMMD ini melibatkan 150 orang personil Satgas, 25 orang penyuluh dari Pemkab dan 50 orang masyarakat per hari.

baca juga: Satu Rumah di Tabek Patah Tanah Datar Terbakar, Tiga Mobil Damkar Diturunkan

Dandim mengharapkan kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi daerah dan masyarakat seperti meningkatkan semangat gotong royong dan memberdayakan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyampaikan kegiatan TMMD dapat membantu mempercepat pembangunan daerah di bidang infrastruktur, sarana dan prasarana dasar lainnya dengan meningkatkan semangat gotong royong masyarakat.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Puskesmas Limo Kaum I, Masyarakat yang Pernah Berkunjung Diminta Test Swab

"Sesuai tema, TMMD Pengabdian Untuk Negeri, tentu diharapkan dapat memberi dampak nyata pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," tutur Zuldafri.

Pada acara pembukaan juga dihadiri Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf. Amrizen, Kepala Dinas PMD Sumbar Syafrizal, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Muyadi, Sekda Irwandi, dan pimpinan OPD terkait lainnya. (*)

baca juga: Kapan SMA di Payakumbuh, Lima Puluh Kota, dan Tanah Datar Kembali Dibuka, Ini Jawaban Kacabdin Wilayah 4 Sumbar

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera