Tak Yakin Tuntas di Masanya, Riza Falepi Ingin Jadi yang Memulai Pembangunan Masjid Raya Payakumbuh

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi.
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Meski tidak yakin pembangunan Masjid Raya Kota Payakumbuh akan bisa tuntas di masa dirinya masih menjabat sebagai wali kota, Riza Falepi berambisi menjadi kepala daerah yang memulai pembangunan tempat ibadah yang akan jadi ikon Kota Randang itu untuk tahun-tahun mendatang.

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh sendiri sudah menyiapkan master plan yang tidak hanya menjadikan Masji Raya sebagai tempat ibadah tapi juga pusat wisata religi di daerah tersebut.

baca juga: Terganggu Pandemi COVID-19, Sejumlah Program Kejari Payakumbuh Harus Disesuaikan

"Kita nanti akan buat koridor dari Mesjid Raya ke Ngalau dengan memakai terowongan di bawah tanah. Sehingga kalau ada yang datang bus-bus besar maupun orang -prang yang ingin parkir silahkan di Ngalau dan jalan kaki ke mesjid. Kemudian untuk koridornya kita pasang kanopi sehingga saat hujan nanti masih bisa dilewati dengan baik karena di kota kita sering hujan," kata Riza Falepi , Kamis (2/7).

Kemudian, lanjut Riza, akan dibuat jalur ke Batang Agam, sehingga bagi mereka yang ingin melakukan wisata religi di Mesjid Raya Payakumbuh juga bisa menikmati keindahan sungai daerah tersebut yang beberapa waktu belakangan ini cukup diminati.

baca juga: Kurban Rendang Perdana Dinilai Sukses, Wako Payakumbuh Targetkan Lebih Banyak Sapi Tahun Depan

"Kita berharap secara teknis ini bisa kita kejar. Saya belum yakin bisa selesai selama saya jadi wali kota, namun setidaknya ini bisa dilanjutkan dan diselesaikan wali kota berikutnya, tapi konsep-konsep dasarnya sudah kita siapkan, sehingga Masjid Raya terintegrasi dengan Ngalau dan Batang Agam, akhirnya menjadi daerah kunjungan wisata yang terintegrasi," kata Riza.

Tidak hanya itu, pemko juga akan siapkan kios-kios untuk pedagang, sehingga nanti tidak terjadi kesemerawutan, Riza akan siapkan juga venue-venue lain yang mendukung akan hal itu.

baca juga: Ada yang Protes Terkait Diperpanjangnya Masa Belajar Siswa di Rumah, Ini Jawaban Wako Payakumbuh

"Saya mohon doa kepada semua masyarakat supaya mesjid ini dapat berguna untuk kita semua, untuk bisa diselesaikan dengan cepat dan menjadi berkah untuk kita semua, Allah memberi tempat terbaik untuk membangun Mesjid Raya," pungkasnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat